Sistem Pencernaan Mollusca

Bagaimana Sistem Pencernaan Mollusca?

Belajarbiologi.. Filum Mollusca seperti yang ada pada postingan sebelumnya terbagi atas 5 kelas berupa Amphineura, Scapopoda, Chepalopoda, Gastropoda dan Pelecypoda (Lamellibranchiata).

Setiap kelas menggunakan sistem pencernaan yang telah sempurna. Akan tetapi terdapat beberapa perbedaan yang dapat kita ambil seperti radulanya, kesempurnaan mulut, terdapatnya alat bantu makan seperti tentakel, letak mulut dan anus (berlawan atau tidak).

Sistem Pencernaan Makanan Mollusca pada kelas Amphineura contohnya memiliki mulut yang belum sempurna, tidak memiliki tentakel sebagai alat bantu makan (kecuali beberap spesies), dan letak mulut dan anus berlawanan arah (mulut berada pada daerah dorsal /bawah) dari sumbu tubuh yang umum (apalagi dengan dilihat dari letak jantung yang lebih ke mendekati anus).

Hal ini dapat dipahami karena anggota kelas Amphineura seperti Chiton makan dengan membenamkan kepala pada tanah kemudian merayap di dalam tanah.

Apalagi sistem pencernaan makanan pada ordo Aplacophora yang radulanya mengalami kemunduran. Chiton memiliki 17 pasang gigi yang dibungkus oleh mineral besi oksida. Memiliki 2 kelenjar ludah pada mulutnya. Satu berisi radula dan satu lagi berisi alat sensori subradula untuk merasakan makanan.

Sistem pencernaan makanan mollusca untuk kelas Gastropoda sudah sempurna. Pencernaan makanan dimulai dari rongga mulut-faring kemudian esofagus, lalu ke tembolok kemudian lambung- usus- rektum kemudian anus.

Sistem pencernaan gastropoda juga dilengkapi oleh kelenjar pencernaan berupa kelenjar ludah, hati, dan pankreas.

Sistem pencernaan makanan Scapopoda juga sempurna. Pencernaan Scapopoda dibantu oleh tentakel-tentakel kecil disebut captacula yang melekat pada mulut.

Mulutnya sendiri memiliki tipe radula penghancur / grinding, yang menghaluskan makanan sebelum ke esofagus, lambung kemudian ke usus.

Perbedaan sistem pencernaan mollusca jenis ini dengan kelas lain adalah pada jenis makanannya berupa foraminifer yang bercangkang sehingga harus dihancurkan oleh radula khusus dan kelenjar khusus yaitu hepatopankreas yang akan membantu  mencerna. Juga anus Scapopoda berada di bagian tengah mantel.

Sisem pencernaan makanan mollusca kelas Chepalopoda hanya dibedakan atas terdapatnya tentakel panjang atau jerait untuk membantu menarik makanan, memiliki gigi kitin yang tajam.

Sistem pencernaan makanan mollusca pada kelas Pelecypoda
Sistem pencernaan makanan mollusca pada kelas Pelecypoda
Pada Sistem Pencernaan makanan mollusca jenis Bivalvia atau kelas Pelecypoda tidak memiliki radula. Hal ini membuat hewan kelas pelecypoda merupakan filter feeder atau menyaring makanan menggunakan insang. 
Sistem Pencernaan Mollusca | | 4.5