Amensalisme: Apa itu Amensalisme

Amensalisme

Amensalisme merupakan keadaan yang berlawanan dengan komensalisme. Amensalisme merupakan hubungan antara dua organisme yang satu pihak dirugikan dengan pihak lain tidak berakibat apa apa.

Pada kebanyakan kasus, organisme yang dirugikan disebabkan oleh bahan kimia yang dikenal sebagai allelopathy. Beberapa ganggang yang termasuk genus Anabaena, Aphanizomenon, dan Gymnodinium mengeluarkan zat kimia yang bersifat allelopathy yang beracun dan mematikan ikan, itik, dan hewan-hewan lainnya.

Ada pula ganggang dari genus Hydrodictyon dan Scenedesmus telah diketahui menghasilkan senyawa kimia antibiotik yang dapat mematikan bakteri Ascomycetes dan Actinomycetes juga diketahui menghasilkan zat kimia antibiotik.

Pohon Juglans menghasilkan zat bersifat toksik yang pada oksidasi di permukaan tanah dapat menghambat pertumbuhan beberapa herba. Di samping itu, bahan bahan kimia yang dihasilkan oleh beberapa tumbuhan dapat juga mempengaruhi beberapa hewan, misalnya spesies Ranunculus dan Delphinium mempunyai efek letal terhadap hewan ternak.

Bahkan Digitalis purpurea dan Nerium Oleander menghasilkan bahan kimia yang cukup beracun untuk manusia. Demikian juga pada beberapa tumbuhan Gymnospermae telah dilaporkan mampu menghasilkan zat kimia yang menghambat pertumbuhan serangga.

Amensalisme: Nerium oleander
Nerium oleander

Macam Macam Zat Allelopathy 

Zat zat kimia atau bahan organik yang bersifat allelopathy dapat dibagi menjadi dua golongan berdasarkan pengaruhnya terhadap tumbuhan atau tanaman lain sebagai berikut (Setiadi, 1983).

1. Autotoxic, yaitu zat kimia bersifat allelopathy dari suatu tumbuhan yang dapat mematikan atau menghambat pertumbuhan anaknya sendiri atau individu lain yang sama jenisnya.

2. Antitoxic yaitu zat kimia bersifat allelopathy dari suatu tumbuhan yang dapat mematikan atau menghambat pertumbuhan tumbuhan lain yang berbeda jenisnya.

Zat kimia atau bahan organik yang bersifat allelopathy dilepaskan oleh tumbuhan penghasilnya ke lingkungan tumbuhan lain melalui beberapa cara antara lain melalui serasah yang telah jatuh kemudian membusuk, melalui pencucian daun atau batang oleh air hujan, melalui penguapan dari permukaan organ organ tumbuhan dan eksudasi melalui akar (root exudation) ke dalam tanah.

Contoh jenis tumbuhan yang mengeluarkan zat kimia yang bersifat allelopathy melalui daun, misalnya Adenostena fasciculatum, Eucalyptus globulus, Camelina alysum, Erenophylla michellii, yang mengeluarkan zat allelopathy melalui perakaran misalnya gandum, gandum hitam, dan apel sedangkan yang mengeluarkan allelopathy melalui pembusukan misalnya Helianthus, Aster, dan Agropyron repens.

Amensalisme: Eucalyptus globulus
Eucalyptus globulus

 

Senyawa senyawa kimia yang bersifat allelopathy pada tumbuhan seperti phenolic, terpenes, alkaloids, nitrils, glycosides, difenol, asam benzoat, asam lemak, koumarin, fanin, sulfida, glucocida, parin , dan nucleocida.

Demikianlah artikel tentang amensalisme dari belajarbiologi.com. Tetap bersemangat belajar biologi dan pelajari tentang fisiologi tumbuhan dan ekosistem. Baca juga artikel terkait dibawah ini.

Amensalisme: Apa itu Amensalisme | | 4.5