Komponen Ekosistem dari Segi Keperluan Deskriptif dan Makanan

Komponen Ekosistem

Berikut akan dijelaskan tentang komponen ekosistem yaitu komponen ekosistem dari segi keperluan deskriptif dan komponen ekosistem dari makanan……

Komponen Ekosistem Segi Keperluan Deskriptif

Dari segi keperluan deskriftif, komponen ekosistem terbagi atas beberapa yaitu:

1. Komponen abiotik 

Komponent abiotik dalam ekosistem terbagi atas 3 yaitu senyawa anorganik, organik,iklim dan air.Senyawa senyawa anorganik seperti C, H, CO2, H2O dan lainnya yang terlibat dalam siklus bahan (materi) dalam komunitas.

Senyawa-senyawa organik seperti protein, karbohidrat, lemak dan lainnya yang menghubungkan antara abiotik dan biotik. Iklim contohnya temperatur, cuaca, kelembaban dan lainnya. 

2. Komponen – Komponen Biomassa dalam ekosistem 

  • Produsen, organisme autotropik, umumnya merupakan tumbuhan hijau yang mampu menghasilkan atau membentuk makanan dari senyawa-senyawa anorganik yang sederhana

  • Makro-konsumer atau phagotrof, organisme-organisme heterotropik, terutama binatang-binatang yang mencernakan organisme organisme atau bagian bahan organik.

  • Mikro-konsumer, saprotrof (sapro = Merombak) atau osmotrop, organisme heterotropik terutama bakteri dan jamur yang merombak senyawa-senyawa kompleks daripada protoplasma mati. Mengisap beberapa dari hasil perombakan dan melepaskan bahan makanan anorganik yang dapat digunakan oleh produsen. Menghasilkan senyawa organik sebagai sumber energi yang dapat menghambat atau merangsang komponen biotik lainnya dalam ekosistem. 

Owen dan Wiegest membagi heterotrof menjadi

a. Biophag adalah organisme yang memakan organisme hidup lainnya.

b. Saprophag adalah organisme organisme yang memakan bahan-bahan organik mati.

Dari segi fungsional ekosistem dapat dianalis dari

1. Lingkaran mineral

2. Rantai-rantai makanan

3. Pola-pola keragaman dalam waktu dan ruang

4. Perkembangan dan evaluasi

5. Pengendalian (cybernetiks).

Komponen Ekosistem

Ekosistem

Komponen Ekosistem: Segi Makanan

Dalam menjelaskan ekosistem, terdapat komponen-komponen ekosistem yang harus kita ketahui. Kali ini akan dijelasan tentang komponen ekosistem dari segi makanan yang terbagi atas 2 komponen yang umumnya terpisah oleh waktu dan ruang yaitu:

1. Komponen autotrop (memberi makan sendiri), terjadi pengikatan energi sinar matahari dalam komponen ini,

2. Komponen heterotrophik (memakan yang lainnya) disini terjadi pemakaian, pengaturan kembali dan perombakan bahan-bahan yang kompleks menjadi energi

Komponen autotrop kemudian akan menjadi produsen dalam suatu ekosistem yang akan membentuk jaring-jaring makanan bersama dengan komponen heterotrophik. Nutrisi yang diterima oleh tumbuhan dari zat hara tanah hasil perombakan tubuh organisme yang mati dan energi yang diterima oleh tumbuhan dari cahaya matahari menggunakan pigmennya membuatnya menjadi salah satu komponen autotrop di Bumi, bersama dengan alga dan bakteri tertentu.

Kemudian akan terjadi aliran energi dan biomassa dari produsen I hingga ke konsumen akhir yang merupakan komponen heterotrophik. Komponen hetetrophik sendiri memiliki fungsi dalam mempertahankan jumlah dari tiap tingkatan dalam ekosistem agar tidak berlebihan atau terlalu melimpah.

Demikianlah artikel tentang komponen ekosistem dari belajar biologi.com. Tetap belajar dan tetap semangat belajar biologinya. Biologi itu asyik dan menyenangkan kok. Baca juga artikel terkait dibawah ini.

Komponen Ekosistem dari Segi Keperluan Deskriptif dan Makanan | | 4.5