Trauma : Pengertian Trauma dan Jenis- Jenis Trauma

Loading...

Setiap manusia memiliki pertahanan tubuh yang berbeda. Bahkan, terkadang bahan yang digunakan untuk membangun tubuh kita juga berbeda, misalnya pada penyakit osteoporosis. Apabila terjadi benturan-benturan kecil sekalipun, akan mengakibatkan fraktur pada penyakit ini. Dan, benturan keras yang dapat merusak tubuh inilah yang sering disebut dengan trauma.

Trauma dibagi atas tujuh bentuk, yaitu trauma,  trauma mekanik, trauma panas, trauma bahan kimia, trauma listrik, trauma radiasi, trauma biologis dan trauma emosi.

1. Trauma mekanik

Salah satu ciri yang paling khas dalam trauma mekanik adalah terjadinya fraktur tulang yang patah . Apabila seseorang mempertahankan dirinya terhadap suatu pukulan atau benturan , , kemungkinan besar os ulnaris nya akan patah.

Tulang radius juga akan patah apabila seseorang yang jatuh, menopang badan hanya dengan salah satu tangannya saja. Dan, masih banyak lagi kejadian lain yang bisa menyebabkan fraktur tulang kita parah.

Jika kita melakukan goresan pada tangan dengan menggunakan kunci atau alat tajam lain secara cepat, maka rasa nyeri yang timbul pada tangan bukan hanya satu, namun dua jenis nyeri.

Selama goresan berlangsung, terdapat nyeri ringan yang langsung dirasakan dan dapat dilokalisir secara rapat. Kemudian, selama kira-kira setengah menit, keaadaan akan tenang kembali.

Setelah itu, akan menyusul suatu nyeri yang sangat berbeda, yaitu nyeri bakar yang terus menerus dan sangat mengganggu. Nyeri yang juga dapat ditemukan pada berbagai penyakit inilah yang sering disebut trauma mekanik.

Setelah beberapa menit, pada bekas goresan tadi terlihat garis merah. Inilah yang dinamakan peradangan. Peradangan di sekitar  goresan ini akan terasa panas saat diraba. Setelah itu, akan terjadi pembengkakan yang pucat di tangan tempat goresan tersebut.

2. Trauma panas

Trauma panas dapat terjadi karena adanya jaringan yang terbakar secara langsung atau membeku, akibat tekanan suhu yang terlalu dingin. Bisa juga secara berharap seluruh tubuh mendapatkan panas yang berlebihan atau karena dingin yang terlalu rendah

3. Trauma Bahan kimia

Trauma bahan kimia dapat terjadi karena memakan racun, misalnya fosfor kucing yang terdapat dalam korek api zaman dahulu.

4. Trauma listrik

Trauma listrik ini merupakan bentuk syok akibat  tersengat bentuk syok akibat tersengat listirik bertegangan tinggi. Trauma seperti ini bisa merusak jantung, otak, bahkan sering mengakibatkan kematian

5. Tfauma Radiasi

Trauma radiasi dapat terjadi akibat hujan debu radioaktif yang berasal dari letusan bom. Bahkan, cahaya matahari pun dapat menyebabkan trauma (sunburn) ini.

6. Trauma Biologi

Trauma biologi dapat disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, malaria, gigitan ular dan segala gangguan dari makhluk biologi lainnya.

7. Trauma emosi

Trauma emosi biasanya disebabkan oleh teman sendiri atau sesama manusia

Trauma : Pengertian Trauma dan Jenis- Jenis Trauma | Ahmad Baihaqi | 4.5