Apa itu Kebotakan dan Penyebabnya

Loading...

Belajarbiologi

Apa penyebab kebotakan ?

Ada tiga macam faktor yang mempengaruhi kerontokan rambut :
  1. Bertambah usia
  2. Kecenderungan mengalami kebotakan lebih awal (yang biasanya bersifat genetik)
  3. Kelebihan hormon pria dihydrotestoteron (DHT) dalam folikel rambut.

DHT adalah bentuk aktif testoteron, yang memengaruhi banyak aspek dalam perilaku pria, dari dorongan seks hingga agresi. Perubahan dari testosteron ke DHT diatur oleh suatu enzim, yang diproduksi di kelenjar prostat, kelenjar adrenal, dan kulit kepala.

Semakin lama, DHT menyebabkan folikel rambut berkurang dan memperpendek pertumbuhan atau fase reproduksinya. Beberapa folikel secara bertahap mengalami kematian. Sebagian besar menyusut hingga seukuran rambut yang dimiliki saat baru lahir dan kemudian memproduksi rambut yang lebih lemah.

Penelitian terbaru tentang kebotakan

Penelitian saat ini menunjukkan bahwa sistem ketahanan tubuh mulai mengarah pada folikel rambut pada area yang mengalami kebotakan. Teori yang berlaku adalah kenaikan hormon pria seperti DHT selama masa pubertas memulai proses ini.

Faktor lainnya adalah saat batang rambut menjadi semakin kecil, kelenjar tetap berukuran sama. Kelenjar tersebut tetap memompa keluar minyak dalam jumlah yang sama. Jadi, saat rambut menipis, rambut akan menjadi lebih lepek dan berminyak.

Penelitian di Jepang menunjukkan diet kemungkinan juga menjadi faktor penyebab kerontokan rambut.

Para peneliti mendapati bahwa sebelum terkena pengaruh dunia Barat, rambut orang Jepang tebal dan sehat, dengan lebih sedikit kelenjar dan minyak kulit kepala.

Kebiasaan mengonsumsi daging binatang bukan hanya berdampak pada tubuh yang semakin tinggi, melainkan juga pada semakin banyaknya pria jepang yang mengalami kebotakan

Tips Kebotakan

– Apa yang bisa anda lakukan ?Sering-seringlah mencuci rambut 

Masalah rambut berminyak muncul 6 bulan hingga setahun hingga akhirnya jelas-jelas menunjukkan penipisan rambut. Rajin-rajin mencuci kulit kepala yang berminyak mampu membantu penipisan rambut.

Penggunaan sampo mengurangi sebum pada permukaan kulit kepala yang mengandung testosteron dan DHT tingkat tinggi. Langkah ini dapat memasuki kulit kembang dan memengaruhi folikel rambut.

Obat-obatan apa saja yang telah tersedia untuk kebotakan

Minoxidil, Rogaine, Regain  (e) merupakan obat yang telah disahkan untuk rambut rontok.

Penggunaanya tetap memiliki efek samping seperti gatal-gatal. Beberapa pria mengalami pusing-pusing dan/atau nafas pendek.

Propexia adalah obat terbaru dan penelitian menunjukkan kemungkinan tumbuhnya rambut sebesar 40 % pada pria dengan rambut tipis sampai botak. 

Diet yang baik

Biotin dan Folic acid (asam folat) diperlukan untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang seharusnya, kemungkinan rambut anda akan mengalami kerontokan.

Zinc

Tablet zinc memengaruhi tingkat hormonal, sementara krim zinc bisa mengurangi produksi DHT. Krim zinc digunakan untuk mengatasi masalah jerawat, seringkali terkait dengan masalah androgen. Zinc sendiri secara khusus menghalangi jenis DHT yang terbentuk dalam kulit.

Beberapa obat yang menyebabkan rambut rontok

Beberapa jenis obat ada yang benar-benar mampu menyebabkan rambut rontok. Umumnya kerontokan tersebut bersifat sementara dan akan berhenti saat anda menghentikan penggunaan obat tersebut. Namun, terkadang kerontokan yang ditimbulkan bersifat permanen.
 
Apa itu Kebotakan dan Penyebabnya | Ahmad Baihaqi | 4.5