Apoptosis Pada Sel

Loading...

Belajar biologi

Apa itu Apoptosis ?

Apoptosis adalah program bunuh diri yang terkontrol pada sel-sel yang mengalami infeksi atau kerusakan yang dilakukan untuk mengakhir masa fungsionalnya sehingga tidak terjadi penggunaan energi yang tidak efisien.

Dengan kata lain apoptosis adalah saat sel menyerah dan tak mau memberatkan sel sekitarnya dan sel pun membunuh dirinya sendiri.

Apoptosis dari bahasa yunani yang berarti jatuh, ini dianalogikan dengan daun-daun yang gugur dari pohon.

Pada proses apoptosis, agen-agen selular memotong-motong DNA serta menghancurkan organel dan komponen sitoplasma lainnya.

Kemudian terjadi penyusutan pada sel dan membentuk lobus-lobus (blebbing), lalu bagian bagian sel dibungkus oleh vesikel kemudian ditelan dan dicerna oleh “sel pemulung” sehingga tidak ada sedikitpun yang tertinggal. 

tahapan apoptosis
 

Apoptosis berfungsi dalam melindungi sel disekitarnya (tetangga) dari kerusakan yang akan terjadi bila sel yang rusak bocor dan melepaskan isinya, termasuk juga enzim pencernaan dan berbagai enzim lain yang membahayakan sel tetangga.

Penelitian tentang apoptosis dilakukan terhadap Cacing tanah Caenorhabditis elegans. Cacing ini merupakan nematoda yang pada saat dewasa hanya memiliki sekitar 1000 sel. Peneliti menemukan bahwa terjadi apoptosis sebanyak 131 kali selama perkembangan normal cacing ini.

Uniknya apoptosis terjadi di tempat yang sama dalam garis keturunan sel yang sama. Pada Cacing ini terdapat protein yang mengatur apoptosis yang disebut Ced-9 (hasil dari gen ced-9) yang merupakan protein pada membran luar mitokondria. Protein Ced-9 bertindak sebagai rem jika tidak ada yang mendorong apoptosis. 

Untuk melangsungkan apoptosis dibutuhkan sinyal untuk melepaskan rem yang diatur oleh protein ced-9, yang kemudian akan mengaktivasi protease dan nuklease yang akan bertindak sebagai enzim-enzim utama yang memotong protein dan DNA yang ada dalam sel.

Pada proses apoptosis, kaspase merupakan protease yang utama. Peneliti menemukan bahwa pada cacing nematoda, kaspase utama adalah Ced-3.

tahapan apoptosis
 
Apoptosis Pada Sel | Ahmad Baihaqi | 4.5