MACAM-MACAM AKAR MANGROVE 1

Tipe Akar Mangrove

Belajarbiologi. Kali ini akan dituliskan tentang tipe-tipe akar mangrove. Baca dan kirim lewat email kalau mau dijadikan referensi pada tugasmu 

Akar udara 

Akar udara adalah struktur yang menyerupai akar, keluar dari batang, menggantung di udara dan bila sampai ke tanah dapat berfungsi sebagai akar biasa. Akar tunjang Rhizophora yang baru tumbuh termasuk kategori ini. Akar gantung (udara) berfungsi untuk membantu menyerap oksigen dari udara. Misalnya : Bakau putih Rhizophora apiculata Bl.

Akar papan   Akar papan berbentuk seperti papan miring yang tumbuh pada bagian bawah pohon dan berfugnsi sebagai penunjang. 

Akar papan umumnya dimiliki oleh tumbuhan yang berukuran besar dan dijumpai di daerah dengan substrat keras seperti tanah liat yang agak jauh dari pantai.

Pohon dengan jenis akar papan biasanya kurang toleran dengan salinitas tinggi. Misalnya Nyiri Xylocarpus granatum Koen

 Akar lutut 

Akar lutut adalah akar yang muncul dari tanah kemudian melengkung ke bawah sehingga bentuknya menyerupai lutut.

Normalnya akar lutut dijumpai pada substrat berpasir, berlumpur atau tanah liat yang kadang tergenang dalam waktu cukup lama. Pada kondisi tertentu, ada jenis pohon yang memiliki akar lutut dan akar papan sekaligus.

Fungsi akar lutut adalah untuk membantu menyerap oksigen dari udara. Misalnya Tanjang Bruguiera cylindrica (L) Bi.

 Akar napas

tipe akar mangrove
tipe akar mangrove

Akar napas berbentuk silindris meruncing seperti pensil, tumbuh tegak, mencuat ke permukaan. Pada kulit akar napas terdapat celah kecil (lentisel) yang berguna untuk menyerap oksigen dari udara.

Umumnya akar napas dijumpai pada daerah pantai terbuka yang langsung menghadap laut dengan substrat keras (berbatu) atau berlumpur. Akar napas sangat toleran terhadap salinitas tinggi.

Misalnya Api-api Avicennia alba dan Pedada Sonneratia caseolaris (L) eng. 

Akar tunjang 

 Akar tunjang tumbuh dari batang di atas permukaan kemudian melengkung ke bawah memasuki substrat berlumpur, berpasir atau berbatu di daerah pasang surut.

Pohon dengan akar tunjang cukup toleran terhadap salinitasi tinggi. Akar tunjang berfungsi sebagai penunjang mekanis.

Pada saat muda akar tunjang berperan sebagai akar gantung. Misalnya : Bakau merah Rhizopra mucronata Lmk dan Pandan Pandanus tectorius Park ex Z.
MACAM-MACAM AKAR MANGROVE 1 | | 4.5