Perbedaan Meiosis I dengan tahap lainnya

Loading...
Belajar Biologi

(Biologi sel) Tiga peristiwa yang hanya terjadi pada meiosis selama meiosis I 

  1. Sinapsis dan pindah silang. Selama profase I, homolog tereplikasi berpasangan dan terhubung secara fisik disepanjang lengan oleh struktur protein serupa-risleting. Kompleks sinaptonemal. Proses ini disebut sinapsis.
  2. Terjadi pindah silang atau penataan ulang antara kromatid-kromatid tidak bersaudara. Pada pindah silang (crossing over) terdapat kiasmata (kiasma). Sinapsis dan pindah silang tidak terjadi pada saat mitosis.
  3. Homolog di lempeng metafase. Kromosom tersusun rapi sebagai pasangan pada lempeng metafase dalam tahap metafase I meiosis, akan tetapi bukan sebagai kromosom indivudual seperti yang terjadi pada metafase mitosis.
  4. Pemisahan Homolog. Kromosom-kromosom homolog pada tahap anafase I meiosis mengalami replikasi dan bergerak ke arah kutub berlawanan untuk setiap pasangan homolog dan dengan tetap berikatan antara kromatid bersaudara. Sedangkan pada mitosis, hal yang terjadi sangat berbeda, kromatid bersaudara memisah sehingga pada tiap kutub hanya terdapat satu kromatid tunggal.
meiosis 1 pada sel

meiosis 1 pada sel

meiosis I
Perbedaan Meiosis I dengan tahap lainnya | Ahmad Baihaqi | 4.5