Sakit kepala untuk ibu hamil

Loading...

Sakit kepala untuk ibu Hamil

Kehamilan merupakan masa yang sangat diidamkan untuk kaum ibu. Dalam proses kehamilan, sering terjadi gangguan yang dapat disebabkan oleh hormon, makanan dan lingkungan.

Salah satu gangguan yang terjadi pada ibu hamil adalah sakit kepala.

Ini merupakan hal yang biasa terjadi saat ibu hamil, terkhusus pada saat trisemester pertama. dan apabila telah terjadi hal tersebut. Hal ini yang merupakan masalah terberat bagi ibu hamil.

Para ahli tidak tahu dengan pasti hubungan antara kehamilan dengan sakit kepala bagi ibu hamil. Kemungkinan yang ada hanyalah adanya hormon yang menyebar dari bayi ke ibu atau sebaliknya pada aliran darah ibu hamil.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit kepala untuk ibu hamil adalah berhenti mengonsumsi kafein (kopi), kelelahan, stres, dan kelaparan serta yang jarang terjadi adalah kongesti sinus (rinitis).

Sakit kepala migrain (sakit kepala yang berhubungan dengan ketidaknormalan fungsi pada pembuluh darah otak) cukup berbeda dari sakit kepala pada umumnya. Untuk ibu hamil, migrain akan jarang terjadi karena migrain sering disebabkan oleh siklus menstruasi.

Akan tetapi, sakit kepala sering terjadi setelah ibu melahirkan anaknya.

Apa yang bisa ibu hamil lakukan untuk menghindari sakit kepala

Untuk menghindari sakit kepala yang sering terjadi pada ibu hamil kita harus mengetahui apa yang memicu sakit kepala pada ibu hamil. 

Menurut Asosiasi inggris untuk sakit kepala, telah diidentifikasi beberapa hal yang dapat memicunya:

  1. keingintahuan dan emosi, stress dapat disebabkan oleh tegangan pada otot. Perubahan gaya hidup untuk ibu hamil dapat menyebabkan stress sehingga menimbulkan sakit kepala
  2. Perubahan pada kebiasaan, Saat ibu hamil, sering terjadi perubahan waktu makan dibandingkan dengan sebelum hamil. Begitupun dengan perubahan waktu tidur. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala.
  3. Cahaya yang silau dan suara bising dapat menyebabkan sakit kepala untuk ibu hamil
  4. Makanan tertentu untuk sebagian ibu hamil dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini berhubungan dengan perubahan kebiasaan dan gaya hidup sehingga menimbulkan stress. Apabila dalam jarak 1- 6 jam sakit kepala muncul setelah makan sesuatu maka sebaiknya mengganti pilihan makanan anda selama kehamilan
ibu hamil
 

Apakah ada obat sakit kepala untuk ibu hamil?

Pada kebanyakan obat sakit kepala untuk ibu hamil seperti aspirin, ibuprofen disarankan oleh dokter untuk tidak dikonsumsi terlalu sering dan hanya diperuntukkan untuk migrain.

Obat sakit kepala seperti ibuprofen hanya digunakan oleh ibu hamil berdasarkan saran dokter.

Obat seperti ibuprofen harus dihindari karena saat trisemester ketiga (28 minggu). Hal ini karena akan menurunkan kadar cairan amniotik (ketuban), yang akan mempengaruhi perkembangan jantung janin di dalam rahim, yang akan menunda kelahiran.

obat sakit kepal
Ibuprofen :obat sakit kepala 

 

obat sakit kepala ibu hamil
Acetaminophen Obat sakit kepala untuk ibu hamil
Menurut penelitian dan tenaga medis di Negara barat, obat sakit kepala untuk ibu hamil yang cocok adalah Acetaminophen yang dianggap aman apabila dikonsumsi dalam batas kewajaran.

sakit kepala ibu hamil
Sakit kepala untuk ibu hamil | Ahmad Baihaqi | 4.5