Apa Itu Deja vu? Pengertian dan Penjelasannya

Loading...

Deja vu

Pengertian Deja vu adalah suatu perasaan saat seseorang mengalami sesuatu yang pernah terjadi sebelumnya. Beberapa pendapat menghubungkan deja vu dengan gangguan pada sistem saraf seperti otak sedangkan beberapa kelompok mengasosiasikan deja vu dengan kehidupan masa lampau. Mungkin anda pernah mengalami deja vu, dan mulai bertanya apa itu deja vu sesungguhnya ?, teruskan membaca untuk lebih tahu.

Apa itu deja vu
Apa itu Deja Vu. Source epilepsyu.com
 
Saya punya pertanyaan, apakah anda dalam keadaan dalam keadaan sadar pernah berada dalam situasi saat anda mengetahui hal yang akan terjadi beberapa saat selanjutnya, dan pada akhirnya tebakan anda betul terjadi dan anda merasakan bahwa ini sudah pernah terjadi saat kejadian yang anda tebak terbukti. Para ahli mengatakan itu adalah deja vu.

Apa itu Deja vu? Baca Lebih Lanjut

Pengertian Deja vu, menurut Emile Boirac, adalah peristiwa dimana seseorang merasakan suatu kesamaan dengan sesuatu yang dialami di masa lampau. Individu merasa telah melalui hal yang sama baru saja terjadi di masa lalu atau telah menyaksikan halt tersebut dalam mimpinya.

Apa saja Jenis Deja Vu itu? Baca saja

Deja vu menurut ahli psikologi terbagi atas 3 yaitu deja visite, deja vecu, dan deja vecu. Pembagian jenis deja vu ini berdasarkan kejelasan dari yang dialami baik itu kejelasan tempat, kejelasan apa yang akan terjadi setelahnya dan kejelasan perasaan saat terjadi deja vu.

Apa itu Deja Senti ? Jenis Pertama

Deja senti adalah jenis deja vu yang mengacu pada perasaan seseorang yakin terhadap hal terjadi saat ini telah dirasakan sebelumnya pada waktu lampau. Kesamaan perasaan ini menurut para peneliti membuat indivudu menganggap kedua kejadian berbeda waktu tersebut merupakan hal yang sama.

Apa itu Deja Vecu ? Jenis Kedua

Deja vecu adalah jenis deja vu dimana seseorang sangat yakin terhadap kejadian yang sedang terjadi merupakan kejadian yang sama dan persis identik terhadap sebelumnya dan memunculkan spekulasi yang dia anggap 100 % akan terjadi setelahnya. Seseorang yang mengalami deja vecu akan beranggapan tentang mengetahui apa yang akan terjadi beberapa saat setelah kejadian.

Apa itu deja visite? Jenis Ketiga

Deja visite adalah jenis deja vu  yang mengacu pada perasaan mengenal tempat itu sebelumnya walaupun nyatanya tidak pernah dikunjungi secara langsung. Seseorang yang mengalami deja visite akan menganggap bahwa dirinya memiliki informasi tentang tempat tersebut secara pengamatan langsung oleh dirinya walaupun tidak pernah secara nyata ke tempat tersebut. Apabila deja vu anda adalah jenis deja visite, maka anda akan mengetahui letak suatu tempat atau keadaan tempat tersebut walaupun anda belum pernah ke
 
Setelah mengetahui apa itu deja vu dan jenis jenis deja vu, ada baiknya kalau anda membaca juga apa penyebab deja vu dibawah ini:

Apa penyebab deja vu? Penting untuk dibaca

1. Obat-obatan

Menurut para peneliti, deja vu disebabkan oleh hadirnya substansi psikotropika yang dapat mengganggu sistem saraf yang ada pada tubuh manusia sehingga menyebabkan gangguan penerimaan terhadap respon. Apa saja obat-obatan yang menyebabkan deja vu? Obat obatan itu adalah amantadine dan phenylpropanolamine. Adapun jenis obat lainnya yang tidak sebutkan akan tetapi apabila anda mencari tahu bahwa obat tersebut menyebabkan aksi hyperdopaminergic pada bagian otak temporal maka dapat merupakan penyebab deja vu.

2. Penyakit Saraf

Penyakit pada sistem saraf yang dapat menyebabkan terjadinya deja vu adalah epilepsi dan  schizophrenia dan stress yang berlebih. Menurut penelitian terbaru, deja vu terjadi kerusakan terhadap lobus temporal bagian depan yang membuat penderita deja vu memiliki persepsi terhadap sesuatu itu telah terjadi telah mereka ketahui lebih awal.

3. Kepercayaan atau sistem pada otak anda

Banyak kepercayaan di dunia ini yang menghadirkan deja vu sebagai sesuatu seperti pesan dari alam gaib ataupun sebagai pertanda sebuah kejadian. Misalnya kecelakaan yang telah terjadi, mereka jadikan kejadian sebelumnya sebagai pertanda yang pasti.

4. Deja vu karena hal mistis

Deja vu karena adanya keterkaitan dengan makhluk halus seperti hantu, setan, jin dan lainnya merupakan hal yang paling dianggap sebagai sebuah kebenaran atau alasan utama dari deja vu. Masyarakat awam ketika terjadi deja vu umumnya akan beranggapan bahwa itu merupakan pesan dari Tuhannya ataupun dari makhluk halus. Hal ini memang berkaitan dengan poin nomor 3 diatas. Akan tetapi, Deja vu karena hal mistis tidak dapat dikesampingkan. Ada banyak kejadian diluar sana yang memang betul mengetahui hal yang akan terjadi beberapa saat atau bahkan beberapa hari sebelum kejadian dan diapun seakan-akan menyaksikan hal tersebut.
 
Demikian tulisan kami tentang apa itu deja vu, untuk bacaan menarik lainnya tentang pertanyaan apa itu kalian, follow terus blog kami ini yah
 
Apa Itu Deja vu? Pengertian dan Penjelasannya | Ahmad Baihaqi | 4.5