Apa itu sistem pencernaan pada manusia? Baca Lebih Lanjut

Loading...
 

Sistem pencernaan adalah sistem yang ada pada organisme yang berfungsi dalam melakukan perombakan terhadap makanan ataupun minuman yang dapat digunakan sebagai energi.

Sistem pencernaan pada manusia memiliki kesamaan dengan sistem pencernaan mamalia pada umumnya yang tersusun atas organ-organ seperti mulut, kelenjar ludah, esofagus, lambung, hati, kelenjar empedu, pankreas, usus halus, usus besar, dan rektum.

Hal yang perlu disadari oleh adik-adik adalah sistem pencernaan dan sistem lain seperti sistem saraf, sistem transportasi darah (kardiovaskular), sistem otot, sistem skeletal dan sistem lainnya saling berhubungan satu sama lain dalam tubuh manusia dan organisme lain. 

Sistem pencernaan pada manusia
Gambar Sistem Pencernaan pada Manusia. Source : Contemporary Nutrition www.mhhe.com/wardlawcont9

Berikut beberapa pertanyaan dan sedikit penjelasan tentang fungsi dari organ-organ pencernaan pada manusia dari segi nutrisi

Apa fungsi organ pada sistem pencernaan?

1. Apa fungsi mulut dan kelenjar ludah (Salivary glands)?

Berfungsi dalam mengunyah makanan, persepsi terhadap rasa, membasahi makanan dengan saliva. Selain itu, juga berfungsi dalam melicinkan makanan dengan mukus, mengeluarkan enzim amilase sebagai pencerna, dan menginisiasi refleks dalam menelan.

Apa fungsi Esofagus?

Esofagus berfungsi dalam melicinkan makanan dengan mukus serta memindahkan makanan ke lambung dengan gerak peristaltik yang ada dikarenakan kombinasi otot polos dan aktif pada esofagus.

Apa fungsi Lambung ?

Lambung berfungsi sebagai organ yang melakukan penyimpanan, pencampuran dan melanjutkan pencernaan makanan. Lambung juga melarutkan partikel makanan dengan mengeluarkan sekresi. Lambung juga membunuh mikroorganisme menggunakan asam lambung yang dihasilkannya (HCl).

Selain itu, lambung juga menghasilkan enzim pepsin sebagai enzim pencerna protein. Lambung juga berfungsi dalam melicinkan makanan dengan mukus, mengatur pengaliran makanan ke usus halus serta menghasilkan faktor intrisik untuk penyerapan vitamin B-12.

Apa fungsi Hati?

Sebagai organ aksesoris dalam sistem pencernaan, hati memiliki fungsi penting sebagai organ yang memproduksi bile untuk membantu pencernaan lemak dan penyerapannya.

Apa fungsi Kelenjar empedu ?

Sebagai sambungan dari hati dengan suatu saluran khusus dari hati kemudian ke usus halus, kantung empedu berfungsi menyimpan bile, mengatur konsentrasi serta mengeluarkan bile ke usus halus.

Apa fungsi Pankreas?

Pankreas juga merupakan organ tambahan dalam sistem pencernaan. Hal ini disebabkan oleh fungsi dari pankreas itu sendiri yaitu melakukan sekresi sodium bikarbonat dan enzim pencerna lemak, protein dan karbohidrat.

Apa fungsi Usus halus?

Usus halus sebagai kelanjutan dari lambung merupakan bagian dari sistem pencernaan secara langsung.

Usus halus berfungsi dalam mencampur dan mengaduk bahan-bahan yang ada, melicinkan makanan dengan mukus, mencerna dan menyerap kebanyakan nutrisi makanan dengan menggunakan enzim yang dibuat di pankreas dan usus halus.

Apa fungsi Usus besar?

Setelah makanan melewati usus halus, makanan akan dialirkan ke usus besar. Usus besar berfungsi dalam mencampur dan mengaduk makanan, menyerap sodium, air dan potassium, merupakan tempat berkembangnya bakteri baik.

Usus besar juga melicinkan makanan dengan mukus serta mensintesis beberapa vitamin dan asam lemak rantai pendek dan membentuk feses dengan mengambil air pada makanan yang telah dicerna.

Apa fungsi Rektum?

Setelah feses memadat atau terbentuk, makanan yang telah dicerna akan di keluarkan melalui rektum. Rektum berfungsi untuk menahan feses dan mengeluarkannya lewat anus.
 

Referensi Materi sistem pencernaan

Contemporary Nutrition www.mhhe.com/wardlawcont9 pada
http://highered.mcgraw-hill.com/sites/dl/free/0073402540/948202/3.pdf
Apa itu sistem pencernaan pada manusia? Baca Lebih Lanjut | Ahmad Baihaqi | 4.5