Macam-Macam Sistem organ pada tubuh manusia

Loading...
Sistem organ pada manusia terdiri atas beberapa sistem yang memiliki fungsinya masing-masing yang bekerja sama dalam lingkup vital manusia. Apabila salah satu dari sistem organ ini rusak, maka akan terjadi gangguan terhadap semua sistem yang ada. Keterkaitan ini yang membuat kita dalam menjelaskan sebuah sistem organ harus menyertakan sistem organ yang lain.

Apa itu sistem kardiovaskular

(Sistem Organ) Sistem kardiovaskular atau sistem aliran darah terdiri atas komponen utama berupa jantung, pembuluh darah dan darah. Sistem kardiovaskular dalam nutrisi berfungsi sebagai sarana transportasi nutrisi, pembuangan produk metabolisme, udara, hormon melalui tubuh dan memiliki peranan penting dalam respon imun dan pengaturan suhu tubuh (homeostasis).

Sistem Kardiovaskular
Sistem Kardiovaskular / Aliran darah

Apa itu sistem limfatik

(Sistem Organ) Sistem Limfatik, terdiri atas komponen utama yaitu pembuluh limpa, titik limpa, dan organ limfa lainnya.

Sistem limfatik dalam nutrisi berfungsi dalam menghilangkan senyawa asing dalam darah dan limfa, perlawanan terhadap penyakit, mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, dan membantu dalam penyerapan lemak.

Apa itu sistem saraf

(Sistem Organ) Sistem saraf terdiri atas beberapa komponen utama yaitu otak, tulang belakang, saraf (neuron), dan saraf sensorik. Sistem saraf berfungsi sebagai pengatur sistem, mendeteksi sensasi, kontrol terhadap pergerakan, dan mengendalikan fungsi kecerdasan dan fisiologis.

sistem saraf
Sistem Saraf

Apa itu sistem endokrin

(Sistem Endokrin) Sistem endokrin terdiri atas kelenjar endokrin seperti pituitari, kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, kelenjar kelamin dll (pelajari lebih jauh). Sistem endokrin merupakan sistem pengatur yang utama, berperan serta dalam mengatur metabolisme secara langsung, reproduksi serta banyak fungsi langsung yang dilakukan oleh hormon.

Sistem Endokrin Manusia
Sistem Endokrin / Kelenjar  Manusia

Apa itu sistem imun

Sistem Imun terdiri atas sel darah putih, pembuluh limfa, titik limfa, pankreas, kelenjar timus dan jaringan limfa lainnya. Sistem imun membantu dalam mengatasi serangan serta infeksi dari luar, dengan bantuan sel darah putih.

Apa itu sistem Pencernaan

Sistem Pencernaan terdiri atas mulut, esofagus, perut, usus, dan organ tambahan seperti hati, kelenjar empedu, dan pankreas.Sistem pencernaan berfungsi secara kimiawi dan mekanik dalam mencerna, menyerap nutrisi serta membuang kotoran

Sistem pencernaan manusia
Sistem Pencernaan manusia

 

Apa itu sistem urin

Sistem urin terdiri atas ginjal, kantung kemih, dan saluran kencing. Sistem urin berfungsi dalam membuang kotoran atau sisa produk melalui aliran darah dan mengatur tingkat keasaman, komposisi kimia dan kuantitas air dalam darah.

Sistem urin
Sistem Urin / Ekskresi

 

Apa itu sistem intergumen

Sistem intergumen, terdiri atas kulit, rambut, kuku dan kelenjar keringat. Sistem intergumen berfungsi dalam melindungi dari perubahan suhu, menjaga kondisi air tubuh, memproduksi vitamin S saat terpapar sinar matahari yang diolah dari provit-D.

Sistem intergumen
Sistem Intergumen

 

Apa itu sistem skeletal

Sistem skeletal atau skeleton terdiri atas tulang belulang, kartilago, dan sendi. Sistem skeletal berfungsi dalam menegakkan tubuh, menyediakan darah bagi tubuh, penyimpanan kalsium untuk tubuh.

 Sistem Skeletal pada Manusia
Sistem Skeletal pada Manusia

 

Apa itu sistem otot

Sistem Otot terdiri atas otot halus, otot jantung, dan otot lurik. Sistem otot atau muscular berfungsi sebagai penyimpanan cadangan energi, menjaga postur tubuh, pergerakan secara aktif bagi tubuh dll.

Sistem Otot Pada Manusia
Sistem Otot Pada Manusia

Apa itu sistem pernapasan

Sistem pernapasan atau respirasi terdiri atas paru-paru dan saluran pernapasan seperti bronkus dan bronkiolus. Sistem pernapasan berfungsi dalam penyediaan oksigen untuk metabolisme sel, pengaturan gas serta pembuangan gas buangan hasil metabolisme serta mengatur keseimbangan pH darah.

Sistem Pernapasan pada manusia
Sistem Pernapasan pada manusia

 

Apa itu sistem reproduksi

Sistem reproduksi terdiri atas kelenjar kelamin seperti testis dan ovarium, sperma dan ovum, serta organ aksesoris yang ada. Sistem reproduksi berfungsi sebagai saluran pembuangan zat urin, berfungsi dalam reproduksi.
 Sistem Reproduksi Wanita
Sistem Reproduksi Wanita
 Sistem Reproduksi laki-laki
Sistem Reproduksi Laki-Laki
 

 

Demikian penjelasan kami atas sistem organ pada manusia, untuk tulisan lain tentang sistem organ secara khusus dapat anda baca di bawah ini

Apa itu Sistem Reproduksi Apa itu Sistem Saraf
Apa itu Sistem Imun Apa itu sistem Limfatik
Apa itu Sistem Endokrin Apa itu sistem pencernaan
Apa itu Sistem Otot Apa itu Sistem Intergumen
Apa itu Sistem Urin / Ekskresi Apa itu Sistem Skeletal

Atau anda dapat mendownload melalui pencarian google tentang makalah pdf tentang sistem organ manusia pada link ini  atau makalah ppt tentang sistem organ manusia pada link ini
Referensi

Gambar berasal dari Contemporary Nutrition www.mhhe.com/wardlawcont9 pada http://highered.mcgraw-hill.com/sites/dl/free/0073402540/948202/3.pdf
dan penjelasan diambil dari :
Contemporary Nutrition www.mhhe.com/wardlawcont9 pada http://highered.mcgraw-hill.com/sites/dl/free/0073402540/948202/3.pdf
 
 
Macam-Macam Sistem organ pada tubuh manusia | Ahmad Baihaqi | 4.5