Fungsi Sel Tumbuhan

Loading...

Fungsi Sel Tumbuhan

Sebelumnya telah dijelaskan tentang sel tumbuhan, kali ini akan dijelaskan tentang fungsi sel tumbuhan. Dalam tumbuhan terdapat dua sel yang melaksanakan fungsi utama yaitu sel fotosintetik dan sel absorbtif. Kedua jenis sel tumbuhan ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk tumbuhan. 

Sel fotosintetik pada tumbuhan mengandung kloroplas dan berfungsi sebagai sumber senyawa karbon hasil fotosintesis. Sel absorbtif tumbuhan berfungsi sebagai pengambil mineral dari lingkungan. Kedua sel ini pada tumbuhan tingkat tinggi hanya dapat dilakukan oleh sel sel tertentu.

Sel-sel fotosintetik pada tumbuhan tingkat tinggi akan membentuk jaringan fotosintetik, begitupula dengan sel sel absorbtif. Kedua jaringan ini dihubungkan oleh jaringan pengangkut yaitu xilem dan floem (baca jaringan tumbuhan dan macam macam jaringan pada tumbuhan). 

Cara pengangkutan pada xilem bersifat satu arah, yakni ke arah permukaan tempat terjadinya penguapan pada tumbuhan. Pada ruang xilem terdapat larutan yang mengandung garam mineral dan senyawa yang mengandung nitrogen. Setelah larutan berada pada ujung pembuluh xilem tumbuhan, larutan ini akan diterima oleh jaringan fotosintetik tumbuhan. 

Sedangkan pada floem, pengangkutan sedikit lebih rumit dan dapat terjadi ke beberapa arah. Pembuluh floem ini akan mengangkut larutan yang utamanya tersusun atas sukrosa dari tempat penghasilnya (sel fotosintetik / daun) ke berbagai tempat yang membutuhkan ataupun ke tempat penyimpanan cadangan makanan pada tumbuhan.

Berdasarkan hal ini, dapat diambil kesimpulan bahwa tumbuhan dan hewan memiliki perbedaan dalam sistem pengangkutan cairan, yakni pada hewan terdapat peredaran darah dan jaringan limfe sedangkan pada tumbuhan terdapat sistem pengangkutan yang menggunakan xilem dan floem.

Fungsi Sel tumbuhan

Sel tumbuhan

 

Untuk selanjutnya, baca juga tulisan terkait dibawah ini:
Sel hewan 
Teori sel
Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
Dinding sel tumbuhan

Fungsi Sel Tumbuhan | Ahmad Baihaqi | 4.5