Reaksi Terang Dalam Fotosintesis

Loading...

Apa Itu Reaksi Terang?

(Reaksi Terang) Sebelum jauh membahas mengenai reaksi terang, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai Fotosintesis.Teman-teman tentu tahu kan apa itu Fotosintesis??

Fotosintesis berasal dari dua kata yaitu Foto artinya cahaya dan Sintesis artinya penyusunan atau pembuatan. Jadi, Fotosintesis adalah proses penyusunan bahan makanan dengan menggunakan cahaya.

Kedengarannya sederhana ya teman-teman. Namun, ternyata Fotosintesis itu tidak sesederhana yang kita bayangkan. Fotosintesis itu merupakan suatu proses metabolisme yang cukup rumit dan kompleks. 

Fotosintesis terdiri atas dua tahap yaitu tahap reaksi terang dan tahap reaksi gelap. Tahap pertama yaitu reaksi terang terjadi di Grana Kloroplas. Tahap ini disebut reaksi terang karena membutuhkan cahaya.

Reaksi terang sering juga disebut Fotolisis Air karena pada reaksi terang terjadi proses pemecahan molekul air menjadi Hidrogen dan Oksigen dengan bantuan cahaya.

Proses ini diawali dengan penangkapan cahaya oleh Pigmen Klorofil. Terdapat dua unit Fotosistem yang bekerja dalam proses Fotosintesis yaitu Fotosistem I yang mengandung Klorofil A yang dapat menangkap cahaya dengan panjang gelombang 700 nm sehingga disebut P700 .

Fotosistem II yang mengandung Klorofil A yang dapat menangkap cahaya dengan panjang gelombang 680 nm sehingga disebut P680. Kedua Fotosistem akan bekerja sama sehingga reaksi terang berjalan dengan lancar. Namun kedua Fotosistem ini tidak bekerja secara bersamaan.

Tahukah teman-teman bahwa Fotosistem II terjadi lebih awal dibanding Fotosistem I?? Lalu, mengapa disebut Fotosistem II ya??

Ternyata sebutan Fotosistem I dan Fotosistem II itu bukan berdasarkan reaksi yang lebih awal terjadi, tetapi berdasarkan waktu ditemukannya Fotosistem tersebut. Fotosistem yang lebih awal ditemukan adalah Fotosistem I lalu Fotosistem II. Itulah alasan mengapa Fotosistem yang lebih awal disebut Fotosistem II.

Lalu bagaimana proses dari reaksi terang tersebut?

Proses ini diawali saat fotosistem II menyerap cahaya Matahari sehingga membuatnya melepaskan elektron yang akan ditransfer sepanjang rantai transpor elektron dan menyebabkan muatan menjadi tidak stabil. Untuk menstabilkan kembali, PS II akan mengambil elektron dari molekul H2O yang ada disekitarnya.

Molekul air akan dipecahkan oleh ion mangan (Mn) yang bertindak sebagai enzim. Hal ini akan mengakibatkan pelepasan H+ di lumen tilakoid. Oleh karena itu tumbuhan juga sangat memerlukan unsur Mangan. Selain menghasilkan Hidrogen, pecahan molekul air akan melepaskan gas Oksigen.

Dengan menggunakan ion H+ dari air, selanjutnya Fotosistem II akan mereduksi plastokuinon (PQ) membentuk PQH2. Plastokuinon merupakan molekul kuinon yang terdapat pada membran lipid bilayer tilakoid.  

Plastokuinon ini akan mengirimkan elektron dari Fotosistem II ke suatu pompa H+ yang disebut sitokrom b6-f kompleks. Hmm.. mulai rumit ya teman-teman…

Sitokrom b6-f kompleks ini berfungsi untuk membawa elektron dari Fotosistem II ke Fotosistem I dengan mengoksidasi PQH2 dan mereduksi protein kecil yang sangat mudah bergerak dan mengandung tembaga, yang dinamakan plastosianin (PC). Kejadian ini juga menyebabkan terjadinya pompa H+ dari stroma ke membran tilakoid.

Lalu, Elektron dari sitokrom b6-f kompleks akan diterima oleh fotosistem I. Fotosistem ini menyerap energi cahaya terpisah dari Fotosistem II, tapi mengandung kompleks inti terpisahkan, yang menerima elektron yang berasal dari H2O melalui kompleks inti Fotosistem II lebih dahulu.

Sebagai sistem yang bergantung pada cahaya, fotosistem I berfungsi mengoksidasi plastosianin tereduksi dan memindahkan elektron ke protein Fe-S larut yang mengoksidasi plastosianin tereduksi dan memindahkan elektron ke protein Fe-S larut yang disebut feredoksin. Selanjutnya elektron dari feredoksin digunakan dalam tahap akhir pengangkutan elektron untuk mereduksi NADP+ dan membentuk NADPH.

Ion H+ yang telah dipompa ke dalam membran tilakoid akan masuk ke dalam ATP sintase. Hmm… ATP sintase??? teman-teman tahu tidak apa itu ATP sintase?? ATP sintase kan terdiri dari dua kata yaitu ATP dan sintase, ATP kepanjangan dari Adenosin Tri Phosphat adalah suatu bentuk energi kimia yang terdiri atas tiga molekul fosfat, sedangkan sintase dari kata sintesis yang artinya penyusunan dengan akhiran ase yang berarti ATP sintase adalah enzim yang membantu penyusunan energi ATP.
Demikian tulisan tentang reaksi terang dalam fotosintesis

Reaksi Terang Dalam Fotosintesis | Ahmad Baihaqi | 4.5