Organel Sel: Retikulum Endoplasma dan Fungsinya

Ulasan kali ini akan membahas tentang apa itu retikulum endoplasma, dua jenis retikulum endoplasma kasar yaitu RE kasar dan retikulum endoplasma halus. Kemudian akan dijelaskan juga tentang struktur retikulum endoplasma dan fungsi organel sel ini.

Retikum Endoplasma

Retikulum Endoplasma | Sitoplasma sel hewan dan tumbuh-tumbuhan ditembusi oleh membran yang komplek dan membentuk satu kesatuan fungsi yang erat.

Organel sel ini ditemukan oleh Porter dkk tahun 1945. Organel sel ini merupakan bangunan yang berbentuk ruangan ruangan yang berdinding membran saling berhubungan membentuk suatu anyaman.

(Organel sel) Disebut sebagai retikulum endoplasma karena strukturnya sebagai anyaman dan untuk sebagian besar terdapat dalam endoplasma.

Dengan diketemukannya retikulum endoplasma ini, sebuah sel sel tidak dapat lagi dianggap sebagai kantong yang berisi enzim, RNA, DNA dan larutan bahan bahan yang dibatasi oleh membran luar seperti pada bakteri yang primitif. Banyak rongga rongga yang dibatasi oleh membran yang bertanggung jawab atas fungsi sel yang vital diantaranya pemisahan dan himpunan sistem enzim.

Retikulum endoplasma terbagi menjadi dua berdasarkan ada tidaknya butir butir ribosom pada permukaannya yaitu retikulum endoplasma kasar yang mempunyai ribosom pada permukaannya dan retikulum endoplasma halus yang tidak memiliki.

Retikulum Endoplasma halus dan kasar organel sel

Retikulum Endoplasma halus dan kasar

 

Retikulum Endoplasma Kasar

(Organel Sel) Retikulum endoplasma kasar pada permukaan luarnya dapat ditemukan butir butir ribosom. Ribosom ini menempel pada retikulum endoplasma kasar seperti juga ribosom bebas, tersusun dalam kelompok kelompok yang kadang kadang terlihat seperti lukisan yang melingkar lingkar.

Seperti telah diutarakan pada bagian organel sel: ribosom, ribosom berhubungan dengan molekul RNA. Sub unit besar dari ribosom menempel pada  membran vesikel Retikulum endoplasma sedang subunit kecil bebas.

Hasil sintesis protein sebagai benang polipeptida akan disimpan dalam ruangan retikulum endoplasma melalui lubang lubang yang terdapat pada membran retikulum endoplasma.

Struktur membran retikulum endoplasma pada dasarnya tidak berbeda dengan struktur membran sel, yaitu terdiri dari dua lapisan lipid.

(Organel Sel) Pada saatnya nanti kandungan protein sebagai hasil sintesis akan diangkut ke dalam kompleks golgi, dengan cara melepaskan dalam gelembung gelembung kecil (mikrovesikel). Mikrovesikel tersebut sudah tidak memiliki butir butir ribosom pada permukaan luarnya.

(Organel Sel) Retikulum endoplasma kasar banyak ditemukan dalam sel sel kelenjar, terutama pada sel sel kelenjar yang sedang aktif mensintesis sekretnya; pada pewarnaan tampak basofil karena banyaknya retikulum endoplasma kasar.

Masing masing ruangan mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda pada retikulum endoplasma kasar, yang kemudian dapat dibedakan tiga jenis

  1. Sisterna, ruangan pada retikulum endoplasma yang berbentuk ruangan gepeng, yang kadang-kadang tersusun berlapis lapis dan saling berhubungan.

  2. Tubuler, berbentuk sebagai pipa pipa kecil yang saling berhubungan.

  3. Vesikuler, ruangan pada retikulum endoplasma yang berbentuk seperti gelembung gelembung kecil berlapis.

  1. Retikulum Endoplasma halus dan kasar dan fungsi
    Retikulum endoplasma Halus dan Kasar

(Organel Sel) Dengan menggunakan mikroskop cahaya, pada daerah basal sel kelenjar pankreas, anda akan dapat melihat susunan retikulum endoplasma kasar yang memiliki gambaran garis garis basofil yang terdiri atas ruangan-ruangan gepeng yang permukaannya penuh dengan butir butir ribosom.

Sel sel jenis lain yang bukan tergolong dalam sel kelenjar, seperti misalnya fibroblas, osteoblas, plasmasit, sel saraf juga memiliki retikulum endoplasma kasar, karena sel sel termasuk dalam kelompok ini juga mensintesis protein yang sesuai dengan fungsinya. Contoh pada plasmasit mensintesis antibodi, fibroblas menghasilkan tropokolagen dan sebagainya.

Retikulum Endoplasma Halus

(Organel sel) Retikulum endoplasma halus dan retikulum endoplasma kasar memiliki perbedaan struktur dalam dua hal, yaitu tidak memiliki ribosom pada permukaan membrannya dan sebagian besar berbentuk tubuler yang saling berlawanan.

Kadang kadang dapat diamati bahwa retikulum endoplasma halus ini saling berhubungan dengan retikulum endoplasma kasar.

(Organel Sel) Jumlah retikulum endoplasma halus dalam sebuah sel sangat bergantung pada tipe atau jenis sel bersangkutan, sehingga hanya pada jenis jenis sel tertentu saja retikulum endoplasma halus ini tampak sangat menonjol.

(Organel sel) Keberadaan retikulum endoplasma halus dapat dideteksi dengan mikrosokop elektron. Diduga bahwa antara dua jenis retikulum endoplasma terdapat hubungan erat dengan melepaskan ribosomnnya, retikulum endoplasma kasar dapat diubah menjadi retikukulum endoplasma halus.

Fungsi retikulum endoplasma ini bermacam macam, yaitu tergantung pada tugas sel yang bersangkutan. Yang jelas tidak ada hubungannya dengan sintesis protein, melainkan memiliki hubungan dengan metabolisme atau pemisahan zat zat tertentu, misalnya:

a. Sintesis lipid, kolesterol, dan hormon steroid serta metabolisme lipid.b. Detoksikasi obat-obatan dalam hepar

c. Pembentukan glikogen dalam sel sel hepar dan otot seranlintang (otot lurik).

d. Metabolisme mineral

e. Transportasi lipid pada sel sel epitel usus.

Fungsi Retikulum endoplasma halus dalam pembentukan fosfolipid untuk membran

Retikulum Endoplasma halus dan kasar
Retikulum Endoplasma Halus dan Kasar

(Organel Sel) Sebelumnya pada bagian membran sel telah dijelaskan bahwa pada membran sel terdapat protein, hal yang sama terjadi pada organel organel sel bermembran lainnya termasuk retikulum endoplasma.

Protein tersebut merupakan enzim yang diperlukan untuk biosintesis lipid. Fosfolipid dan kolesterol yang merupakan kerangka dasar membran sel disintesis pada membran retikulum endoplasma halus, kecuali untuk asam lemak dan fosfolipid mitokondria.

Fosfolipid utama yang terdapat dalam retikulum endoplasma adalah fosfatidilkolin yang juga disebut lesitin. Sintesis lesitin ini sendiri melalui tiga tahapan dari dua asam lemak dengan gliserol fosfat  dan tiap tahapnya membutuhkan enzim sebagai katalisator.

Fungsi sesungguhnya dari retikulum endoplasma halus adalah sebagai pabrik penghasil membran oleh karena itu selain sintesis molekul molekul lipid juga mensintesis protein dalam membran tersebut.

Demikianlah artikel tentang retikulum endoplasma halus dan fungsinya. Baca juga artikel terkait tentang retikulum dan organel organel sel lainnya dibawah ini dibagian artikel terkait.

Organel Sel: Retikulum Endoplasma dan Fungsinya | | 4.5