Jaringan Epitel: Apa itu Jaringan Epitel

Loading...

Jaringan Epitel: Apa itu Jaringan Epitel

Jaringan Epitel adalah jaringan yang ada pada hewan. Jaringan Epitel memiliki dua macam penyusun yaitu lembaran dan sekelompok tali atau cord. Jaringan Epitel juga memiliki dua fungsi yaitu sekresi, penyerapan atau pembuangan dan pada jaringan epitel tertentu memiliki fungsi sekresi maupun pelindung.

Jaringan epitel yang tersusun atas lapisan dapat setebal satu atau dua lapisan, menutupi rongga-rongga tubuh untuk membentuk kulit pembungkus atau membran pembatas. Jaringan epitel yang tersusun atas tali atau cord dapat berbentuk padat, tubula atau folikula, dan jaringan epitel yang telah berkembang sebagai cabang dari lembaran epitel dapat memiliki fungsi khusus untuk sekresi ataupun pembuangan.

Sifat-Sifat Jaringan Epitel

Lapisan-lapisan epitel pembungkus dan pelapis, lepas dari tebal ataupun fungsinya, memiliki beberapa sifat yang umum.

1. Sel sel memiliki bentuk yang agak teratur dan tidak banyak memiliki proses proses protoplasma yang luas. Lembaran jaringan epitel kebanyakan menempel erat satu sama lain dan terpelihara dalam posisi ini oleh bagian bagaian khusus dari permukaan selnya yang umum dikenal dengan kompleks sambungan (junctional complexes).

2. Diantara sel sel jaringan epitel terdapat sedikit bahan ekstraseluler atau matriks yang dinamakan sebagai kerangka struktural. Asam mukopolisakarida (glikosaminoglikan) merupakan penyusun dari bahan matriks yang dapat terdiri atas asam hyaluronat dan sulfat kondroitin. Adhesi sel dipengaruhi oleh kalsium yang terikat pada matriks jaringan epitel. 

3. Jaringan epitel tidak memiliki persediaan dari pembuluh darah. Lalu bagaimana jaringan epitel mendapatkan makanan? Jaringan epitel mendapatkan suplai makanan melalui difusi dari lapisan lapisan kapiler yang ada dibawah jaringan epitel.

4. Jaringan epitel terikat erat pada jaringan kolektif yang ada dibawahnya oleh selaput tipis yang disebut lamina basal atau membran dasar.

5. Pada epitel dapat diamati banyak sekali gambaran mitotis, dan bila ada mereka merupakan petunjuk tentang adanya pembaharuan sel. Pembaharuan sel atau regenerasi sel pada jaringan epitel memiliki variasi waktu tergantung letak jaringan tersebut.

Selain dari sifat sifat jaringan epitel diatas, jaringan epitel memilki sifat sifat khusus seperti adanya jaringan epitel yang lapisannya sangat ketat dan tidak mampu ditembus oleh cairan, sehingga mampu untuk memelihara selisih konsentrasi cairan dan elektrolit dalam lapisan tersebut, contohnya adalah jaringan epitel pada kandung kemih amfibi.

Sedangkan ada pula lapisan jaringan epitel yang “bocor” sehingga dapat dilewati air dalam jumlah tertentu dan benda yang larut dalamnya. Seperti pada jaringan epitel kantung empedu dan gulungan tubula proksimal ginjal. Hal yang perlu kita ketahui adalah hal diatas, yaitu sifat khusus jaringan epitel ditentukan oleh pengikat sel, dasar sel dan permukaan bebas pada sel sel yang ada pada jaringan epitel.

Ketiga hal tersebut akan menentukan dalam kontrol gerakan cairan, penyerapan atau sekresi, variasi morfologi dan fungsi pendukung pada berbagai jaringan epitel.

Macam Macam Jaringan Epitel

Epitel ada berbagai macam mulai dari bentuk dan ketebalan selnya, jumlah lapisan sel dalam lembaran jaringan epitel, dan apakah permukaan epitel itu basah atau kering.

Pada tubuh organisme seperti mamalia, jaringan epitel yang berasal dari mesoderm seperti pembuluh limfa dan pembuluh darah disebut endotelium sedangkan jaringan epitel yang melapisis rongga tubuh dan isi perut disebut mesotel.

Berdasarkan jumlah lapisan, dan bentuk jaringan epitel, terbagi atas 2 pada jumlah lapisan dan 3 bentuk jaringan epitel. Berikut skema jaringan epitel tersebut (klik link dibawah dalam tabel untuk penjelasan lebih lanjut):

Epitel Berlapis

 Epitel Selapis

Berlapis squamosa (gepeng)

Skuamosa (gepeng)

Berlapis kuboida (kubis)

Kuboida (kubis)

Berlapis Kolomnar (torak)

 Kolomnar (torak)

Transisional

Berlapis semu

Jaringan Epitel: Apa itu Jaringan Epitel 1

Ilustrasi lokasi jaringan epitel pada tubuh manusia

Jaringan Epitel: Apa itu Jaringan Epitel 2

Macam macam bentuk jaringan epitel

 

Demikianlah artikel tentang jaringan epitel dan macam macam jaringan epitel dan penjelasnnya, Tetap belajar biologi dan pelajari lebih banyak tentang jaringan hewan di belajarbiologi.com 

Jaringan Epitel: Apa itu Jaringan Epitel | Ahmad Baihaqi | 4.5