Jaringan Epitel Selapis Skuamosa atau Pipih

Loading...

Belajar Jaringan Epitel Skuamosa

Jaringan Epitel Skuamosa adalah salah satu macam jaringan epitel berdasarkan bentuk. Jaringan epitel selapis skuamosa ini disebut juga epitel selapis gepeng. Jaringan epitel ini memiliki bentuk sangat datar dan menyerupai sisik.

Diperhatikan dari permukaan, jaringan epitel ini terlihat sebagai sel-sel yang cukup besar dengan sitoplasma yang jernih. Nukleus dari tiap tiap sel pada jaringan epitel selapis berbentuk bulat atau bulat telur dan terletak kosentris (pada bagian tengah sel).

Garis garis luar selnya tidak biasanya tidak terlihat, tetapi dapat didemonstrasikan dengan reaksi nitrat-perak pada bahan interselular. Dalam preparat semacam itu, batas batas poligon selnya mungkin agak berombak, bergerigi atau kadang kadang licin. Pada irisan, sitoplasma jaringan epitel selapis skuamosa hampir tidak terlihat tetapi dapat dilihat di daerah nukleus, dimana sitoplasmanya tampak menggembung.

Jaringan epitel selapis pipih/gepeng tidak terlihat (tampak) pada daerah yang tak terlindung atau ditempat tempat dimana penyerapan dan sekresi merupakan aktivitas utama. Pada umumnya, jaringan epitel ini membentuk rintangan rintangan di daerah daerah tempat difusi dan filtrasi terjadi, bukan proteksi yang merupakan kebutuhan pokok. Jaringan epitel ini terdapat pada kapsul bowman di ginjal dan pada alveola paru paru.

Jaringan Epitel Selapis Skuamosa atau Pipih 1

Jaringan Epitel Selapis skuamosa/pipih

Sebelumnya, pada jaringan epitel, dijelaskan adanya endotelium. Endotelium adalah jaringan epitel selapis pipih atau gepeng yang terdapat sebagai pelapis pembuluh darah, jantung, saluran limfa (getah bening), dan sumsum tulang.

Jaringan epitel endotelium ini membentuk seluruh penebalan pada dinding kapiler darah yang sama dengan yang ditemukan pada membran serosa pada lapisan rongga-rongga peritoneum, pleura dan perikardium dari tubuh.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang jaringan epitel skuamosa akan dijelaskan nanti bila saya ada waktu dan referensi yang lebih, thanks….

 

Jaringan Epitel Selapis Skuamosa atau Pipih 2

Jaringan Epitel selapis skuamosa atau pipih pada mesotelium katak

 

Jaringan Epitel Selapis Skuamosa atau Pipih 3

Lapisan epitel selapis pipih pada kelenjar

 

Referensi:

Dasar-Dasar Histologi Edisi Kedelapan Oleh Gerrit Bevelander dan Judith A. Ramaley, diterjemahkan oleh Wisnu Gunarso, Penerbit Erlangga: Jakarta.

Jaringan Epitel Selapis Skuamosa atau Pipih | Ahmad Baihaqi | 4.5