Kelenjar Ludah dan Fungsinya

Loading...

Kelenjar Ludah Dan Fungsinya

Kelenjar Ludah| Kali ini akan diulas tentang kelenjar ludah beserta fungsi kelenjar ludah.  Kelenjar ludah menghasilkan air liur (saliva) atau ludah. Ada tiga pasang kelenjar pada kelenjar ludah dalam rongga mulut yaitu: 

  1. Kelenjar parotis, terletak di bawah telinga
  2. kelenjar submandibularis, terletak di rahang bawah
  3. kelenjar sublingualis, terletak di bawah lidah.

Kelenjar parotis menghasilkan ludah yang berbentuk cair. Kelenjar submandibularis dan kelenjar sublingualis menghasilkan getah yang mengandung air dan lendir. Ludah berfungsi untuk memudahkan penelanan makanan.

Jadi, ludah berfungsi membasahi dan melumasi makanan sehingga mudah ditelan. Selain itu, ludah juga melindungi selaput mulut terhadap panas, dingin, asam dan basa.
Kelenjar ludah dan fungsi kelenjar ludah
Gambar letak kelenjar pada mulut manusia

Di dalam ludah terdapat enzim ptialin (amilase). Enzim ptialin berfungsi mengubah makanan dalam mulut yang mengandung zat karbohidrat (amilum) menjadi gula sederhana (maltosa).

Maltosa mudah dicerna oleh organ pencernaan selanjutnya. Enzim ptialin bekerja dengan baik pada pH antara 6,8-7 dan suhu 37 derajat Celsius. 

Berdasarkan ulasan diatas dapat dikatakan bahwa fungsi kelenjar ludah adalah untuk menghasilkan ludah yang mengandung enzim, air, lendir yang sangat berperan dalam proses pencernaan makanan khususnya pencernaan tahap pertama manusia yaitu pada mulut tempat dikunyahnya makanan menggunakan makanan.

Sekian artikel biologi tentang kelenjar ludah dan fungsinya. Baca juga artikel lainnya….

Kelenjar Ludah dan Fungsinya | Ahmad Baihaqi | 4.5