Metagenesis Tumbuhan Paku dan Skema

Loading...

Metagenesis Tumbuhan Paku

Metagenesis Tumbuhan Paku| Selamat pagi, tulisan kali ini berjudul metagenesis tumbuhan paku.

Sebelumnya dijelaskan tentang pengertian metagenesis, kali ini akan dijelaskan lebih spesifik ke metagenesis yang terjadi pada tumbuhan paku atau Pteridophyta.

Metagenesis pada tumbuhan paku dapat anda lihat pada skema dibawah ini

Tahapan-tahapan dalam metagenesis tumbuhan paku secara umum adalah sebagai berikut:

– Sporangium pada daun mengeluarkan spora (n) yang kemudian mengalami pematangan dengan mitosis menjadi protallus atau protalium (n)

– Protalium atau protallus (n) kemudian berkembang sehingga berkembang menjadi alat reproduksi seksual seperti anteridium yang menghasilkan spermatozoid (n) dan arkegonium yang menghasilkan sel telur (n). Terbentuknya protalium atau protallus menjadi awal fase gametofit dalam metagenesis tumbuhan paku.

– Sel telur (n) dan spermatozoid (n) bertemu dan membentuk zigot (2n)

– Zigot berkembang membentuk tumbuhan paku dewasa (2n). Pada tingkat ini fase sporofit dimulai kembali,

 

 

Metagenesis pada tumbuhan paku

Metagenesis pada tumbuhan paku

 
 

 

Metagenesis yang terjadi pada tumbuhan paku yang heterospora, hanya berbeda dari protalium dan spora yang dhasilkan dikarenakan adanya  istilah makro dan mikro.

Yang perlu kalian sadari, metagenesis secara utuh tidak terjadi pada satu tumbuhan akan tetapi terjadi reproduksi diantaranya,dengan kata lain dalam metagenesis tumbuhan paku terjadi pembentukan anakan paku baru, bukan terjadi pada satu spesies saja yang bertransformasi.

Sekian ulasan tentang metagenesis tumbuhan paku, untuk penjelasan lebih lanjut baca saja tulisan terkait dibawah ini yang berhubungan dengan metagenesis.

 
Metagenesis Tumbuhan Paku dan Skema | Ahmad Baihaqi | 4.5