Metamorfosis Sempurna Pada Katak

Loading...

Metamorfosis Sempurna Katak

Metamorfosis pada Katak | Katak merupakan golongan amphibi, yaitu dalam proses hidupnya, terdapat dua jenis habitat yaitu perairan dan daratan. Metamorfosis pada katak adalah metamorfosis sempurna.

Metamorfosis Katak| Pertumbuhan dan perkembangan katak berlangsung mengikuti tahap berikut. Pertumbuhan dan perkembangan katak diawali dengan pembuahan sel telur oleh sperma.

Sel telur yang dibuahi sperma akan membentuk zigot. Pembuahan ini terjadi diluar tubuh betina (fertilisasi eksternal). yaitu di lingkungan air.

Zigot berkembang menjadi embrio dalam beberapa tahap yaitu morula,blastula. dan gastrua. Morula terbentuk 3 – 7 jam setelah pembuahan. Blastula terbentuk 18 jam setelah pembuahan. dan gastrula terbentuk 34 jam setelah pembuahan.

Setelah kurang lebih 84 jam. tampak adanya ekor. Beberapa hari kemudian, kurang lebih enam hari embrio menetas menjadi larva yang disebut berudu (kecebong). Semula berudu memiliki tiga pasang insang luar.

Dalam perkembangan selanjutnya. setelah sembilan hari insang luar berganti dengan insang dalam. Sesudah kurang lebih dua belas hari terbentuk tutup insang dan tungkai belakang tampak setelah kurang lebih dua sampai tiga bulan. Berudu hidup di Iingkungan air dan bersifat herbivora. 

Metamorfosis sempurna pada katak
Metamorfosis pada katak

Setelah berumur kurang lebih tiga bulan atau lebih (tergantung pada spesies dan suhu yang sesuaì), berudu mengalami metamorfosis.

Perkembangan organ selanjutnya adalah paru-paru mulai tumbuh dan berkembang. usus menjadi lebih pendek, insang mengalami kemunduran, dan akhirnya berudu berkembang menjadi katak. Katak hidup di lingkungan darat dan bersifat insektivora

Setelah berumur satu tahun atau lebih. katak berkembang menjadi dewasa. Pada katak dewasa, organ reproduksinya telah berkembang dan dapat bereproduksi.

Sesuai penjelasan diatas dapat dibuatkan bagan sederhana tentang metamorfosis katak yaitu:

Katak Dewasa (Kawin) —–Zigot——Berudu / Kecebong / Larva——-Katak muda——Katak Dewasa.

Metamorfosis Sempurna Pada Katak | Ahmad Baihaqi | 4.5