Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Belajar Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Biologi Sel | Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang paling terlihat jelas dibawah mikroskop adalah ukuran. Sel hewan memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dari sel tumbuhan.

Perbedaaan selanjutnya dari sel hewan dan sel tumbuhan adalah bentuk. Sel tumbuhan memiliki bentuk yang kaku yang dibungkus oleh dinding sel yang tersusun atas selulosa sebagai tambahan diatas membran plasma sel tumbuhan (baca dinding sel tumbuhan) sedangkan sel hewan hanya dibungkus oleh membran plasma saja dan adanya matriks ekstraseluler pada sel hewan.

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan selanjutnya dilihat dari segi perubahan bentuk sel. Sel hewan mudah melakukan perubahan bentuk dikarenakan tidak adanya dinding sel tersebut sedangkan sel tumbuhan sebaliknya kesulitan atau susah mengalami perubahan bentuk sel.

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang lain adalah sel hewan hanya memiliki vakuola kecil akan tetapi dalam jumlah banyak atau bahkan tidak ada (jarang) sedangkan pada sel tumbuhan, terdapat vakuola sentral yang berukuran besar, mendekati 90 % ukuran sel. Selain itu, sel hewan dan sel tumbuhan berbeda dari letak inti selnya.

Inti sel hewan umumnya terletak diwilayah tengah atau sentral sedangkan sel tumbuhan berada diwilayah peripheral sitoplasma. Hal ini dikarenakan terlalu besarnya vakuola sentral pada sel tumbuhan.

Dalam sitoplasma sel tumbuhan ditemukan adanya plastida yang satu jenisnya adalah kloroplast yang menyerap energi cahaya sedangkan pada sel hewan umumnya tidak ditemukan adanya plastida.

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dapat kita lihat pada kehadiran organel sentriol atau sentrosom. Sentriol umumnya tidak akan ada pada sel tumbuhan atau hanya ada pada sel tumbuhan yang motil, sedangkan pada sel hewan, ditemukan adanya sentriol dan mikrotubulnya yang berperan dalam proses pembelahan sel.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel Hewan | Struktur dan Organel Sel hewan

 

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan 1

Sel Tumbuhan: Struktur dan Organel sel tumbuhan

Selain organel sentriol, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan terletak pada kehadiran organel lisosom. Lisosom adalah organel yang berfungsi dalam lisis atau mencerna substansi dalam sitoplasma yang berisi enzim enzim pencerna.

Lisosom pada sel tumbuhan pada umumnya tidak akan anda temukan sedangkan pada sel hewan, lisosom selalu ada pada sel hewan. Hal ini terjadi karena interaksi sel hewan dengan lingkungan berlangsung lebih sering sehingga makanan dan substansi asing pun sering masuk kedalam sitoplasma.

Selain organel lisosom, yang menjadi perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah ada tidaknya organel gliosisom. Organel ini adalah salah satu bentuk spesialisasi peroksisom dalam mencerna senyawa lipid atau lemak.

Kehadiran organel glioksisom pada sel hewan hingga sekarang belum ditemukan adanya, sedangkan pada sel tumbuhan, ditemukan adanya organel ini.

Selain dari organel organel dan bentuk sel, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dapat kita tinjau dari segi ikatan atau sambungan antar sel sel. Sel hewan tidak memiliki sambungan secara plasmodesmata, akan tetapi sambungan tight junctions dan desmosomes ada diantara sel sel hewan.

Berlawanan dengan sel tumbuhan, sambungan plasmodesmata selalu ditemukan sedangkan sambungan tight junctions dan desmosom sangat jarang bahkan tidak terjadi.

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan secara biokimia dan penyimpanan makanan bahwa sel hewan umumnya menyimpan cadangan makanan dalam bentuk glikogen sedangkan pada sel tumbuhan, cadangan makanan disimpan dalam bentuk “starch” atau amilum.

Selain itu, sel tumbuhan mampu mensintesis semua kebutuhan asam amino, koenzim dan vitamin yang mereka butuhkan sedangkan sel hewan memiliki ketidakmampuan dalam mensintesis semua kebutuhan asam aminonya (hanya beberapa asam amino yang bisa), koenzim, dan vitamin.

Ditinjau dari pembelahan sel dan proses pembelahan sel yang terjadi, ada perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan. Pada sel tumbuhan  benang benang pembelahan atau spindel terbentuk secara anastral atau tanpa adanya aster di kutub berlawanan sedangkan pada sel hewan, secara amphiastral, atau adanya ester atau aster pada tiap kutub.

Selain itu, pada tahap sitokinesis, sel tumbuhan membentuk lempeng mitosis sel sebagai dampak anastral tadi, sedangkan pada sel hewan sitokinesis terjadi dengan terbentuknya celah atau secara konstruksi atau furrowing (Baca tulisan sitokinesis pada sel berikut)

Selain itu, info tambahan tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dari segi fisiologis sel bahwa sel tumbuhan pada umumnya tidak akan “meletus” jika dalam keadaan ketidakseimbangan cairan lingkungan dan cairan sel tumbuhan.

Contoh dalam keadaan hipotonik, sel tumbuhan akan tetap terlindungi oleh dinding selnya. Sedangkan pada sel hewan, yang tidak memiliki vakuola kontraktil akan meletus atau pecah apabila diletakkan kedalam larutan hipertonik.

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dari segi ada tidaknya alat gerak flagela dan silia, sel tumbuhan dapat memiliki flagela akan tetapi jarang ditemukan sel tumbuhan yang memiliki silia sedangkan sel hewan dapat pula ditemukan adanya flagela dan sering ditemukan adanya silia.

Selain itu, energi yang dihasilkan oleh satu sel tumbuhan lebih besar daripada energi yang dihasilkan oleh sel hewan. Hal dikarenakan adanya kloroplas dan mitokondria dalam sel tumbuhan sedangkan pada sel hewan tidak terdapat kloroplas. Sehingga output energi pada sel tumbuhan akan selalu surplus bila didukung oleh lingkungan yang baik.

Maka dari itu, sel tumbuhan dan tumbuhan itu sendiri menjadi produsen utama sedangkan sel hewan dan hewan selalu menjadi konsumen (pada umumnya).

Demikianlah penjelasan singkat tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan , baca juga tulisan nya dalam bentuk tabel (perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dalam tabel).

Tulisan terkait yang harus anda baca untuk lebih memahami tentang sel hewan dan sel tumbuhan:

Sel hewan: Struktur dan Fungsi Organel Sel Hewan

Sel Tumbuhan: Sel Eukariotik dengan dinding sel

Sitokinesis pada Sel

Organel dan Membran Sel
Mari simak dua video singkat tentang perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan, share dan like bila suka artikelnya yah….

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan | | 4.5