Sistem Pernapasan Pada Manusia

Loading...

Sistem Pernapasan Pada Manusia

Sistem Pernapasan Manusia | Sistem ini adalah gabungan beberapa organ mulai dari hidung, tekak (faring), tenggorokan (trakea), bronkus, bronkiolous, alveolus (paru-paru).

Sistem pernapasan pada manusia normal dikenal terbagi dua yaitu inspirasi dan ekspirasi atau memasukkan udara dan mengeluarkan udara. Mekanisme dalam sistem pernapasan manusia pun ada dua yaitu pernapasan perut dan pernapasan dada.

Sistem pernapasan manusia | Inspirasi adalah proses pengisapan oksigen ke dalam paru-paru melalui perbedaan tekanan udara serta volume antara paru paru dan lingkungan tubuh.

Sedangkan ekspirasi adalah proses pengeluaran udara seperti karbon dioksida dan uap air dari paru paru ke luar tubuh. Ekspirasi pun berlangsung karena hal yang sama dengan inspirasi akan tetapi berlawanan.

Pada sistem pernapasan manusia, terbagi atas dua mekanisme yaitu pernapasan perut dan pernapasan dada. Perbedaan ini terletak pada organ yang mengatur pernapasan saat itu dikarenakan paru-paru terletak dibatasi oleh rongga dada dan perut sehingga volume paru paru dapat diatur oleh keduanya.

Pernapasan Perut Pada Manusia

Pernapasan perut dalam sistem pernapasan manusia pada proses inspirasi dan ekspirasi akan dijelaskan sebagai berikut:

Inspirasi: Otot otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk terangkat sehingga otot diafragma mendatar, dan mengakibatkan volume rongga dada membesar dan tekanan udaranya mengecil menyebabkan terjadinya aliran udara dari luar masuk ke dalam paru-paru.

Ekspirasi: Otot otot antar tulang rusuk mengendur dan tulang rusuk ujung ujungnya turun, dan mengakibatkan volume rongga dada mengecil dan tekanan udaranya menjadi besar. Hal ini menyebabkan udara di dalam paru paru dipompa ke luar tubuh.

Pernapasan dada Pada Manusia

Pernapasan dada dalam sistem pernapasan pada manusia pada proses inspirasi dan ekspirasi akan dijelaskan sebagai berikut:

Inspirasi : Otot otot perut mengendur hingga otot diafragma posisinya mendatar, dan akibatnya volume rongga dada membesar dan tekanan udaranya mengecil. Hal ini menyebabkan terjadinya aliran udara luar masuk ke dalam paru-paru.

Ekspirasi: Otot otot perut menekan kepada otot otot diafragma sehingga posisinya menonjol ke atas, sehingga volume rongga mengecil dan tekanan udaranya menjadi membesar. Hal ini menyebabkan udara di dalam paru paru dipompa keluar tubuh.

Demikianlah penjelasan tentang pernapasan perut dan pernapasan dada pada manusia

Sistem Pernapasan Pada Manusia | Ahmad Baihaqi | 4.5