Pengertian Membran Plasma

Loading...

Pengertian Membran Plasma

Pengertian Membran Plasma | Permukaan luar tiap sel dibatasi oleh selaput halus dan elastis yang disebut membran plasma.

Membran plasma sangat penting dalam pengaturan (regulasi) isi sel, karena seluruh bahan makanan yang keluar atau masuk sel harus melewati membran plasma. Membran ini memudahkan masuknya zat tertentu dan mencegah masuknya zat tertentu pula.

Membran plasma bersifat seakan akan memiliki pori pori (pore) ultramikroskopik yang dilalui zat zat tertentu. Ukuran pori pori (pore) ini menemukan maksimal molekul yang dapat melewati membran plasma tersebut.

Faktor faktor selain besar molekul seperti muatan listrik, jika ada, yang dimiliki oleh partikel, jumlah molekul air, jika ada yang melekat pada permukaan partikel, dan daya larut partikel dalam lipid, juga penting dalam menentukan apakah zat tersebut dapat atau tidak melewati membran.

Lipatan ke dalam dari membran plasma dapat berhubungan dengan saluran saluran yang menjulur jauh ke dalam sel. yang memberikan jalur bagi masuknya beberapa zat dan untuk pembuangan hasil sekresi dan ekskresi.

Terlihat pada umumnya semua membran biologis pada dasarnya memiliki struktur lapis ganda lipid yang sama (phospholipid bilayer).

Pada bagian tengah dari membran plasma tersusun atas dua lapisan lipid, sebagian besar fosfolipid serta dapat ditemukan glikolipid dan kolesterol. Tiap lapisan pada membran plasma hanya setebal satu molekul, dengan ekor hidrofobik (menolak air) lipid saling berhadapan dan kepala polar mengarah keluar.

Lapisan ganda (bilayer) itu merupakan campuran dari molekul lipid dalam keadaan cair. Protein membran khusus tergabung dalam lapisan ganda lipid hanya pada beberapa bagian pada permukaan luar ataupun permukaan dalam (protein intrisik).

Beberapa hanya terdapat di dalam membran plasma dan yang lainnya menjulur sepenuhnya melewati lapisan ganda lipid. Pada lapisan membran plasma juga dapat ditemukan adanya protein membran seperti enzim, dapat pula ditemukan adanya reseptor.

Beberapa protein khusus pada membran plasma dapat bergerak secara lateral di dalam membran, akan tetapi tidak  dapat berputar. 

Membran plasma bukan hanya sekedar pembungkus sel sederhana yang mencegah pergerakan zat -zat yang larut dalam kedua arah. Membran plasma adalah suatu struktur yang aktif fungsional dengan mekanisme enzimatik yang menggerakkan molekul molekul tertentu masuk atau keluar sel melawan suatu gradien konsentrasi.

Evaginasi kecil dari membran plasma yang disebut mikrovilus, terdapt pada sel sel tertentu, seperti halnya pada membran yang melapisi tubulus pada ginjal.

Elektron mikrograf resolusi tinggi dari membran plasma terlihat suatu struktur lapis tiga, padat jarang padat. Membran plasma sel sel hewan, tumbuhan dan bakteri dan membran sejumlah organel sel semuanya kelihatan memiliki struktur tiga lapis yang sama.

Hampir semua sel tumbuhan Struktur Membran Plasma: Pengertian Membran Plasma (tapi hanya sedikit pada sel hewan) memiliki dinding sel yang tebal, terdiri atas selulosa yang terletak di luar membran plasma.

Dinding sel tersebut tidaklah hidup dan dibuat oleh zat zat sel. Terdapat banyak ruang pada dinding sel berupa lubang lubang kecil dimana digunakan dalam berkomunikasi dan berhubungan dengan sel lain. Dinding sel (cell wall) yang kuat ini menunjang tubuh tumbuhan.
Sekian ulasan singkat tentang pengertian membran plasma, baca juga tulisan terkait dibawah…
Sumber :
Zoologi Umum, Edisi Keenam Jilid I oleh Ville, Walker, Barnes. Diterjemahkan oleh Nawangsari Soegiri. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Pengertian Membran Plasma | Ahmad Baihaqi | 4.5