Bagian Bagian Mata dan Fungsi Mata: Anatomi Mata

Loading...

Bagian bagian mata dan fungsinya

Bagian bagian Mata|Fungsi Mata|Anatomi Mata| Mari belajar biologi, kali ini kita akan mempelajari tentang anatomi mata serta bagian bagian mata dan fungsinya. Kita tahu bahwa mata adalah indera penglihatan yang dimiliki oleh hewan. Kali ini kita akan lebih terkhusus mempelajari tentang bagian mata dan anatomi mata manusia.

Sekilas Indera Mata Manusia

Mata manusia dapat anda temukan di dalam orbita (bagian tengkorak) yang merupakan organ penglihatan. Mata berhubungan dengan jaringan saraf ke otak sehingga sinyal sinyal atau impuls berupa rangsangan cahaya.

Fungsi utama mata adalah memfokuskan cahaya ke dalam retina. Setelah cahaya fokus ke retina, sel sel saraf berupa sel batang dan sel kerucut pada retina akan melaksanakan pemilahan terhadap warna dan intensitas cahaya yang diubah menjadi impuls. Impuls yang ada selanjutnya dikirim ke otak pada bagian lobus opticus.

Oleh karena itu, organ mata sangat penting untuk dilindungi dan dipelihara fungsinya.

Anatomi dan struktur tulang mata | Bagian bagian mata dan fungsinya

Anatomi dan struktur tulang mata | Bagian bagian mata dan fungsinya

Struktur Mata : Bagian Bagian Mata

Struktur mata yang berbentuk bulat dan tertanam di dalam lemak dapat dibagi menjadi tiga lapisan yaitu lapisan fibrosa pada bagian terluar, bagian kedua yang lapisan pembuluh darah dan berpigmen, dan bagian terakhir yang terletak paling dalam adalah lapisan saraf.

Lapisan Fibrosa Luar

Kali ini akan dijelaskan tentang bagian bagian mata berdasarkan lapisan tersebut. Lapisan fibrosa luar terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama, posterior berwarna buram (opaque) yang disebut sklera.

Bagian mata yang disebut sklera ini memiliki membran yang keras dan berfungsi untuk memberi bentuk bola mata. Lapisan permukaan eksternal mata berwarna putih. Bagian ini dapat anda amati dicermin, berwarna putih.

Sklera dilapisi oleh konjugtiva yang direfleksikan ke bagian dalam kelopak mata dan berlanjut dengan epitelium kornea yang menutupi kornea. Bagian mata yang disebut kornea adalah bagian anterior lapisan fibrosa mata.

Oleh karena itu, bila anda lihat pada gambar dibawah ini, kornea terlihat menonjol dari permukaan bola mata. Tuhan Maha Penyayang, agar cahaya dapat masuk hingga ke retina, korena bersifat transparan. Selain dapat tembus oleh cahaya, dengan adanya kornea, cahaya dapat dibelokkan agar dapat fokus ke bagian mata yaitu retina.

PELAJARI MATAMU DAN SYUKURI PEMBERIAN TUHAN

Lapisan pembuluh darah dan Berpigmen

Bagian mata yang berupa lapisan kedua adalah lapisan pembuluh darah dan berpigmen. Pada bagian ini, terdiri atas tiga pembagian lagi yaitu koroid, badan silia, iris, kelenjar siliaris, aqueous humor, iris, pupil dan lensa mata.

Koroid merupakan bagian pada mata yang melapisi seluruh mata kecuali bagian depan mata. Koroid  (Choroid) berwarna coklat gelap dan memiliki fungsi untuk menyuplai darah ke bagian mata yang lainnya khususnya retina.

Badan silia atau badan siliaris merupakan lapisan tebal di bagian tengah yang terdiri atas jaringan otot dan jaringan kelenjar. Otot otot siliaris mengontrol bentuk lensa sehingga dapat memfokuskan sinar yang diterima dari jauh dan dekat. Badan silia (Ciliary body) adalah bagian mata yang disebut sebagai otot akomodasi.

Bagian mata yang memproduksi aqueous humour adalah kelenjar siliaris. Aqueous humor adalah cairan yang mengisi mata pada bagian depan lensa mata dan masuk ke dalam melewati vena melalui lubang kecil pada sudut antara iris dan kornea.

bagian bagian mata dan anatomi mata

bagian bagian mata dan anatomi mata

Iris adalah bagian berwarna pada mata. Iris terletak di antara kornea dan lensa dan membagi ruangan di antaranya menjadi bilik mata anterior dan bilik mata posterior. Iris tersusun atas jaringan otot dengan susunan serat sirkular dan serat radiasi.

Serat serat yang melingkar berfungsi untuk kontraksi pupil dan dilatasi (perubahan membesarkan celah) serat serat radiasi.

Pupil merupakan bagian mata yang melekat yang berbentuk lingkaran. Terletak setelah iris dan seperti muara yang terletak di bagian sentral. Pupil merupakan bagian mata yang akan berkontraksi (menyempit, seperti diafragma pada kamera Nikon) untuk mencegah terlalu banyak cahaya yang masuk ke mata.

Bagian mata ini juga melakukan dilatasi (pembesaran lubang) bila cahaya yang masuk kurang agar cahaya dapat sampai ke retina mata, contoh ketika malam tiba.

anatomi otot otot mata | Bagian bagian mata

anatomi otot otot mata | Bagian bagian mata

Bagian Dalam Mata: Lapisan Saraf

Bagian mata yang terletak paling dalam adalah retina. Apa itu retina ? Retina adalah membran yang tersusun atas serabut dan sel saraf batang (rodus) dan sel saraf kerucut (sel konus) yang memiliki fungsi untuk menerima sinar cahaya tampak.

Kedual jenis sel saraf yang terletak pada retina memiliki fungsi yang berbeda. Sel kerucut (konus) berfungsi untuk penglihatan yang lebih terperinci dan persepsi warna. Sedangkan sel batang berfungsi untuk gerakan obyek di dalam lapang pandang, serta sel batang berfungsi lebih sensitif terhadap intensitas cahaya rendah dan persepsi warna khusus hitam dan putih saja.

Sel saraf kerucut (konus) terletak paling banyak di dalam pusat mata sedangkan Sel batang terletak paling banyak di sekeliling tepi retina. 

Pada sel batang retina, mengandung suatu pigmen yang disebut ungu visual. Fungsi pigmen ini adalah untuk mensintesis vitamin A yang dibutuhkan. Kekurangan vitamin A pada sel batang mengakibatkan buta senja.

Dekat pusat belakang retina terdapat makula latea. Makula latea adalah sebuah area oval yang berwarna kekuningan. Pada bagian ini, hanya terdapat sel kerucut (sel konus) dan merupakan titik penglihatan paling sempurna.

3 mm dari sisi hidung makula latea terdapat diskus optik (optic disc). Diskus optik adalah area tempat saraf saraf optik meninggalkan mata. Oleh karena itu, diskus optik (optic disc) sangat sensitif terhadap cahaya. Diskus optik sering disebut sebagai bintik buta.

Bagaimana cara mengetahui bintik buta manusia? Bintik buta anda dapat diketahui dengan melakukan percobaan sederhana, yaitu mengambil kertas A4 dan pada bagian ujung kiri atas di beri tanda X dan pada ujung kanan atas diberi tanda titik besar.

Tutup mata kiri anda lalu fokuskan penglihatan pada tanda titik di kertas pada bagian kanan. Tanda X akan sulit untuk terlihat tergantung luasan area bintik buta anda.

gambar bagian saraf mata yang berperan dalam penglihatan |bagian bagian mata

gambar bagian saraf mata yang berperan dalam penglihatan |bagian bagian mata

Bagian Mata: Isi Mata

Isi mata terdiri atas aqueous humour (dijelaskan sebelumnya), vitreous humour dan lensa.

Vitreous humor adalah subtansi jeli yang transparan (jernih) yang membentuk bola mata.

Lensa mata adalah bagian mata yang terletak di belakang iris dan didekat pupil. Bersifat transparan, berbentuk bikonveks serta ditutupi oleh bagian transparan, kapsul elasltis, tempat masuk ligamen masuk ke badan siliaris.

Lensa mata disokong oleh ligamen suspensori yang membuat lensa tetap diposisinya dan merupakan media yang digunakan otot otot siliaris untuk menarik lensa sehingga mengubah ketajaman pandangan jarak dekat dan jarah jauh.

Ringkasan Mekanisme Manusia Melihat

Mata yang berfungsi untuk melihat objek objek yang ada berfungsi hanya apabila terdapat cahaya yang terpantul dari benda tersebut. Cahaya yang terpantul akan masuk ke dalam mata.

Cahaya sinar akan melewati kornea aqueous humor dan lensa akan membelok. Proses ini disebut sebagai proses refraksi. Dengan adanya proses refraksi, cahaya dari bidang yang lebih luas dapat difokuskan pada area yang lebih kecil pada retina. Berkas sinar paralel dibelokkan oleh lensa cembung menuju titik utama di retina.

Jika jarang objek <7 meter (mata manusia normal), lengkungan lensa harus ditingkatkan untuk memudahkan fokus pada retina. Peristiwa untuk memudahkan fokus cahaya ke retina agar lebih mudah diamati adalah akomodasi.

Pandangan jauh mata terjadi karena lensa berada dalam posisi istirahat normal. Oleh karena itu, bila teman teman kecapean belajar biologi melalui website atau buku, cobalah ke jendela dan pandang gunung atau bintang (kalau malam) yang jauh disana untuk mengistirahatkan mata anda.

Bagian Mata Untuk Proteksi Mata 

Mata dengan fungsinya yang sangat penting dan struktur yang lembut membutuhkan perlindungan atau proteksi. Oleh karena itu terdapat alis mata, kelopak mata, dan kelenjar lakrimasi serta oleh tulang orbital yang tersimpan dalam jaringan lemak.

Alis berada dibagian atas mata yang berfungsi untuk melindungi mata dari cedera dan cahaya yang terlalu banyak. Alis juga berfungsi untuk menahan keringat dengan rambutnya sehingga tidak jatuh ke mata.

Kelopak mata yang tersusun atas jaringan fibrosa yang ditutupi kulit dan dengan dibatasi oleh membran mukosa. Bagian tepi kelopak mata terdapat bulu mata berupa rambut untuk mencegah masuknya debu, serangga dan benda benda kecil lainnya masuk ke mata.
gambar bagian bagian kelenjar air mata

gambar bagian bagian kelenjar air mata

Kelenjar lakrimalis tersusun atas kelenjar lakrimalis (lacrimal gland) yang terletak bagian atas mata pada sisi bagian luar dan dan mensekresikan cairan lakrimasi ke dalam sakus konjungtiva.

Kanalikuli lakrimalis yang memanjang dari sudut bagian dalam kelopak mata sampai ke sakus lakrimalis. Sakus lakrimalis (saccus lacrimalis)/lacrimal sac adalah bagian dalam kelopak mata yang berada pada lekukan tulang lakrimalis. K

Kemudian bagian kelenjar lakrimalis yang terakhir adalah duktus nasolakrimalis (nasolacrimal duct), yang memanjang dari sakus lakrimalis hingga ke arah bawah hidung.

Kelenjar lakrimalis mengsekresikan cairan yang mengandung garam, air (water), dan antibakteri yang disebut lisozim. Dengan adanya cairan ini, mata terlindungi dari serangan bakteri dan debu serta mata tidak akan mengalami kekeringan.

Sekian pelajaran biologi tentang bagian bagian mata dan fungsi mata:Anatomi mata. Kami harap anda mempelajari dan memahami apa yang anda telah baca. Setelah ini pasti anda dapat menjelaskan struktur mata.

Bagian Bagian Mata dan Fungsi Mata: Anatomi Mata | Ahmad Baihaqi | 4.5