Belajar Biologi: Fungsi DNA

Loading...

Fungsi DNA

Pada artikel belajar biologi kali ini akan diulas tentang berbagai fungsi DNA

Fungsi DNA

Dala artikel ini, akan dijelaskan tentang tiga fungsi DNA yang utama yaitu sebagai bahan warisan sel, mengendalikan aktivitas sel serta sebagai unit informasi. Berikut penjelasannya

1. Fungsi DNA sebagai bahan warisan sel

DNA atau Asam deoksiribonukleat merupakan bahan yang dapat diwariskan pada semua sel. DNA seara tepat bereplikasi (memperbanyak diri) selama setiap generasi sel.

Pada saat sel melakukan pembelahan, salinan yang identik dengan DNA parental dibagikan ke setiap sel anak. Sehingga, DNA menyediakan instruksi untuk semua generasi masa depan sel tunggal dan keseluruhan organisme multiseluler.

2. Fungsi DNA dalam mengendalikan aktivitas sel

DNA dalam mengendalikan aktivitas sel dilakukan dengan menentukan sintesis enzim dan protein lainnya.

Seperti yang diketahui, protein adalah kelas molekul dengan keanekaragamn fungsi selular esensial paling besar; protein berfungsi sebagai katalisator dan mengatur reaksi metabolik, menyediakan bahan mentah untuk struktur sel, memungkinkan pergerakan, berinteraksi dengan lingkungan dan sel lain, dan mengendalikan pertumbuhan serta pembelahan sel.

3. Fungsi DNA sebagai kumpulan unit informasi

Gen yang merupakan fragmen fragmen fungsional pada DNA berfungsi dalam menentukan rangkaian asam amino suatu protein. Banyak gen baik itu ribuan hingga jutaan gen yang berlainan dibutuhkan untuk membuat seluruh protein yang penting dalam sebuah sel.

Belajar Biologi: Fungsi DNA
Belajar Biologi: Struktur DNA

 

Setelah mengetahui tentang fungsi DNA, ada baiknya anda mempelajari tentang struktur DNA. Sekian materi belajar biologi kali ini.

Keyword terms: Belajar fungsi DNA, Asam Deoksiribonukleat, Berbagai fungsi DNA, Manfaat dan kegunaan DNA.

 
Belajar Biologi: Fungsi DNA | Ahmad Baihaqi | 4.5