Belajar Biologi: Fungsi Inti Sel

Loading...

Ayo Belajar : Fungsi Inti Sel

Fungsi inti sel | Ayo kawan, mari review lagi materi anda tentang inti sel. Kali ini akan dijelaskan tentang fungsi inti sel (nukleus). Nukleus atau inti sel adalah bagian pada sel yang menampung materi genetik seperti DNA dan RNA.

Pada sel eukariotik, Anda dapat menemukan adanya selapis tipis yang membungkus inti sel. Selaput tipis tersebut dinamakan membran inti. Membran inti yang berukuran 60 nm (rata-rata).

Membran inti sel berfungsi dalam pertukaran materi antara cairan inti sel (nukleoplasma) dengan sitoplasma. Pada bagian dalam inti sel terdapat anak inti atau nukleoulus.

Fungsi Inti Sel

Anda telah tahu apa saja yang ada pada inti sel. Sekarang, kita akan mempelajari tentang fungsi inti sel.

a. Pengendali Metabolisme Seluler

Fungsi inti sel dalam mengendalikan metabolisme yang terjadi dalam sel dapat terjadi dikarenakan adanya proses menghasilkan protein yang dilakukan melalui proses transkripsi dan translasi.

Setiap gen akan menjadi protein yang dihasilkan melalui cetakan DNA. Protein tersebut setelah melalui proses ‘packing‘ oleh protein caperon akan menjadi protein fungsional.

Protein yang dihasilkan nantinya akan menjadi enzim yang berperan dalam metabolisme sel atau metabolisme individu (multiseluler). “One gene one enzim”.

b. Penyimpan Informasi Genetik

Fungsi inti sel dalam menyimpan informasi genetik dapat terjadi karena adanya membran inti yang mempertahankan DNA dalam wadah nya (nukleus).

Rangkaian DNA seperti kita ketahui, tersusun atas banyak gen yang mewakili spesies tersebut. DNA kemudian terangkai menjadi kromosom yang terbagi bagi sesuai dengan jumlah kromosom spesies tersebut.

Fungsi inti sel yang satu ini sangat esensial dalam kelestarian sebuah makhluk hidup. Dengan adanya DNA (spesifik ke gen), sifat sifat suatu makhluk dapat diteruskan ke generasi berikutnya.

c. Pengatur Siklus Sel

Fungsi inti sel dalam mengatur siklus sel seperti apakah sel tersebut harus membelah, tidak membelah atau membesar saja.

Hal ini sebenarnya untuk sel pada umumnya kecuali sel kanker telah terkode kan dalam gen yang berada di inti sel. Dengan adanya gen tersebut, pembelahan ataupun tidak membelah nya suatu sel dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Belajar biologi: Fungsi inti sel
Fungsi Inti Sel

d. Wadah Replikasi dan Transkripsi

Fungsi inti sel yang satu ini, sudah sangat jelas. DNA melaksanakan replikasi dalam inti sel. Replikasi DNA dalam siklus sel terjadi pada fase G1. Dengan adanya replikasi DNA, artinya akan terjadi proses mitosis setelahnya.

Fungsi inti sel sebagai tempat terjadinya transkripsi atau penerjemahan kode kode yang ada pada rantai DNA menjadi RNA muda atau RNA primer. Proses transkripsi merupakan rangkaian dari ekspresi genetik.

Belajar biologi: Fungsi inti sel
Belajar Biologi : Fungsi Inti Sel

Sekian pelajaran tentang fungsi inti sel. Bila ada fungsi lain tentang inti sel yang ada ketahui, silahkan komentar.

Belajar Biologi: Fungsi Inti Sel | Ahmad Baihaqi | 4.5