Belajar Biologi: Fungsi Sitoplasma

Loading...

Ayo Belajar Tentang Fungsi Sitoplasma

Fungsi sitoplasma | Ayo belajar biologi teman-teman. Kali ini akan dijelaskan tentang fungsi sitoplasma yang dibahas dalam materi biologi sel. 

Apa itu Sitoplasma: Review

Sitoplasma adalah cairan yang terdapat dalam sel kecuali pada nukleoplasma. Didalam sitoplasma terdapat dua bagian yaitu cairan atau sitosol dan padatan berupa organel organel.

Padatan yang terdapat dalam sitoplasma dapat berubah bentuk fisiknya menjadi fase gel ataupun fase sol (cair). Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan protein dalam substansinya.

Fungsi Sitoplasma

Sebenarnya, tanpa membaca artikel ini, anda pasti telah tahu tentang apa fungsi sitoplasma. Anda cukup memperhatikan apa yang terkandung di dalam sitoplasma dan bagian bagian sitoplasma.

Cukup dengan data tersebut anda pasti dapat menyimpulkan apa fungsi sitoplasma.

Sitoplasma memiliki beberapa fungsi yaitu:

Tempat Penyimpanan Bahan

Fungsi sitoplasma yang satu ini sudah jelas dikarenakan makanan yang telah masuk kedalam sel melalui membran sel akan ditampung di sitoplasma baik itu dalam organel maupun pada sitosolnya.

Sitoplasma mampu menyimpan ion ion yang dibutuhkan, enzim enzim, gula, lemak serta protein.

Wadah Metabolisme

Fungsi sitoplasma ini jelas tergantung dengan organel yang ada dalam sitoplasma sel tersebut. Pada sitoplasma sel eukariotik. Dalam sitoplasma terdapat ribosom, vakuola, retikulum endoplasma, mitokondria dan kloroplas.

Dengan adanya organel organel tersebut, memungkinkan terjadinya penyusunan ataupun pembongkaran zat zat menjadi energi. Bahan bahan tersebut dapat berupa asam lemak, asam amino, protein dan nukleotida.

Metabolisme yang terjadi dalam sitoplasma disebut metabolisme sitosolik. Salah satu contohnya adalah glikolisis atau proses terjadinya perombakan glukosa.

Sarana dan Fasilitator Pergerakan 

Fungsi sitoplasma dalam memberikan kemampuan organel organel serta bahan bahan yang ada di sitoplasma untuk berpindah posisi disebabkan oleh adanya aliran sitoplasma.

Aliran yang terjadi dalam sitoplasma terjadi akibat adanya pengaruh aktivitas mikrofilamen, sitoskeleton pada sel.

Belajar Biologi: Fungsi Sitoplasma
Belajar Biologi: Fungsi Sitoplasma
Bila ada fungsi lain sitoplasma, silahkan komentar saja dibawah ini, mari belajar biologi bersama. 
 
Belajar Biologi: Fungsi Sitoplasma | Ahmad Baihaqi | 4.5