Belajar Fungsi Membran Sel dan Penjelasannya

Loading...

Ayo Belajar Biologi: Fungsi Membran Sel

Fungsi membran sel | Dalam mempelajari tentang biologi sel, anda akan menemukan materi tentang membran sel. Anda mungkin telah mengetahui tentang struktur membran sel dan penyusun membran sel. Kali ini kita akan belajar tentang fungsi membran sel.

Fungsi Membran Sel

Berikut beberapa fungsi membran sel:

1. Fungsi Membran sel : Mempertahankan Struktur Sel

a. Pembungkus 

Membran sel berfungsi sebagai pembungkus dan menentukan bentuk sel itu sendiri. Dengan adanya membran sel, sel dapat mempertahankan bentuk fisiknya, khususnya pada sel hewan yang pada umumnya tidak memiliki dinding sel. 

Dengan adanya membran sel khususnya pada sel hewan, mampu mempertahanakan organel dan sitoplasma sel terhadap pengaruh lingkungannya.

Oleh karena itu, salah satu fungsi membran sel bila ditinjau dari strukturnya adalah memisahkan sel dengan lingkungannya dengan kemampuan atau sifatnya yaitu selektif permeabel.

b. Sitoskeleton

Pada banyak kasus, membran sel berfungsi menyokong sitoskeleton yang berada dalam sel (sitoplasma) tetap pada posisinya. Hal ini dapat terjadi dengan adanya bantuan protein yang melekat diantara membran sel yang melekat pada beberapa sitoskeleton sehingga mampu mempertahankan bentuk sel.

c. Matriks Ekstraselular

Dengan adanya matriks ekstraselular yang ada pada membran sel mampu membuat terjadinya interaksi antara sel sel yang berdekatan khususnya pada jaringan. 

d. Pertahanan

Membran sel dapat melindungi sel dari bahaya kimia serta mempertahankan molekul macro yang penting sehingga tidak keluar dari sel.

2. Fungsi Membran Sel sebagai Fasilitas Selektif Permeabel

Membran sel yang membungkus sel memiliki sifat “pilih kasih” dalam memilih zat zat yang dapat masuk atau keluar sel. Hal ini disebut selektif permeabel.

Struktur yang dimiliki oleh membran sel membuatnya mampu melakukan hal tersebut (Baca tentang Membran Sel). Selain dari strukturnya fosfolipid bilayer, “pilih kasih” ini pula didukung oleh adanya mekanisme transport aktif dan protein transport.

3. Fungsi Membran Sel sebagai Transportasi Aktif Sel

Membran sel dapat melakukan transport aktif atau pemindahan zat zat / molekul dari dalam atau dari luar sel walaupun terjadi perbedaan gradien konsentrasi. Dengan kata lain, transport aktif ini berlawanan dengan proses osmosis dan difusi. Dengan adanya transport aktif, bahan bahan tidak dibutuhkan atau sangat dibutuhkan oleh sel mampu diatur. 
Energi seperti ATP dibutuhkan dalam kerja transport aktif membran

4. Fungsi membran sel untuk transportasi makromolekul

Hal ini dilakukan oleh membran sel dengan dua cara yaitu eksositosis dan endositosis. Kedua cara ini menggunakan vesikel yang nantinya akan keluar atau masuk melalui membran sel. 

Eksositosis adalah proses mengeluarkan isi dari vesikel keluar dari sel melalui membran sel

Endositosis adalah proses memasukkan molekul besar melalui membran sel dengan membentuk vesikel.

belajar fungsi membran sel dan penjelasannya
Fungsi Membran Sel: Source:Tutorvista.com

 

5. Fungsi Membran Sel sebagai Penanda (Marker) dan Signalling

Membran sel mampu ditandai oleh penanda protein tertentu yang membuat komunikasi antar sel dapat terjadi.

Pada membran sel juga terdapat beberapa titik reseptor untuk hormon, neurotransmitter dan protein imunitas. Dengan cara ini, sel mampu tanggap terhadap respon lingkungan diluar sel melalui adanya membran sel

6. Fungsi Membran dalam Aktivitas Metabolisme

Membran plasma pada beberapa bagian dari strukturnya seperti protein ataupun enzim ikut terlibat dalam proses metabolisme dalam sel.

 Kesimpulan:
Membran sel memiliki fungsi utama dalam menjaga struktur sel serta transportasi molekul
Belajar Fungsi Membran Sel dan Penjelasannya | Ahmad Baihaqi | 4.5