Sel Saraf :Bagian Bagian Sel Saraf, Struktur dan Tipe Sel Saraf

Loading...

Sel Saraf

Sel saraf: Struktur dan Bagian bagian sel saraf | Sel saraf adalah adalah sel sel yang menjadi penyusun jaringan saraf. Sel saraf adalah sel yang menjadi penghantar impuls dari otak atau pusat pengendali ke efektor (otot dan lainnya) ataupun sebaliknya seperti pada sel saraf sensorik.

Sel saraf memiliki nama lain yaitu neuron. Sel saraf memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi sesuai dengan posisi sel saraf dan fungsi sel saraf tersebut, baik sel saraf mototrik, sel saraf sensorik ataupun sel saraf intermediet. Setiap sel saraf mempunyai bentuk nukleus yang tetap dan protoplasmanya bergranula.

Struktur Sel Saraf : Bagian Bagian Sel Saraf

Mari belajar biologi. Kali ini kita akan mempelajari sel saraf atau neuron. Lebih tepatnya kita akan belajar tentang bagian bagian sel saraf beserta fungsi bagian bagian sel saraf tersebut.

Mari kita kaji berdasarkan bentuk sel saraf secara umum.

Bagian bagian sel saraf sel secara umum terdiri atas nukleus, badan sel, dendrit, lapisan mielin, akson, ujung ujung saraf, neurilema dan nodus ranvier.

Lihat gambar sel saraf dibawah ini:

 

bagian bagian sel saraf
Gambar Sel saraf. Bagian bagian sel saraf

Penjelasan Bagian bagian sel saraf

  • Nukleus terletak di dalam tubuh sel. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, protoplasma sel saraf terdapat granula.

  • Badan sel adalah bagian sel saraf yang merupakan tempat melekatnya akson dan dendrit

  • Dendrit adalah bagian sel saraf yang merupakan percabangan pendek tempat impuls saraf masuk ke dalam sel.

  • Akson atau silinder aksis adalah bagian sel saraf berupa serat tunggal tempat impuls keluar dari sel. Panjang akson mulai dari beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter tergantung tipe sel saraf tersebut.

  • Lapisan mielin atau myelin sheath adalah lapisan lemak tipis yang menyelubungi  akson dan beberapa dendrit (pada umumnya).

  • Neurilema adalah jaringan penyambung yang berada tepat diatas lapisan mielin. Neurilema adalah lapisan terluar sel saraf.

  • Nodus ranvier adalah bagian sel saraf yang tidak mengandung lapisan mielin akibat tertekannya lapisan lemak tersebut. Akibatnya, Nodus ranvier sendiri bukanlah sebuah struktur dari sel saraf. Nodus ranvier hanyalah penunjuk atau penanda bahwa bagian tersebut terjadi pembelokan akibat tidak adanya lapisan mielin diantaranya. Hal ini mengakibatkan hanya neurilemma saja yang membungkusnya.

    Bagian bagian sel saraf dan struktur sel saraf
    Gambar sel saraf. Bagian bagian sel saraf dan struktur sel saraf

Fungsi Bagian Bagian Sel Saraf

Berikut anda akan belajar tentang fungsi fungsi dari bagian bagian sel saraf.

  • Nukleus berfungsi sebagai pengendali sel saraf
  • Dendrit berfungsi sebagai serabut yang menghantar impuls impus ke badan sel.
  • Badan sel berfungsi sebagai tempat melekatnya akson dan dendrit
  • Akson berfungsi sebagai serabut yang menghantar impuls keluar dari sel.
  • Lapisan mielin berfungsi sebagai pelindung serabut saraf dari tekanan dan cedera selain itu, mielin juga berfungsi sebagai penyekat serabut saraf sehingga impul impuls tidak ditransmisikan ke saraf yang berdekatan atau jaringan terdekat tanpa melalui ujung serabut. Lapisan mielin pada beberapa artikel penelitian menjelaskan bahwa memiliki fungsi sebagai penyimpan ingatan.
  • Nodus ranvier berfungsi sebagai tempat terjadinya pertukaran nutrien dan bahan bahan sisa serta mempercepat impuls yang ada.

Sel Saraf: Sinapsis

Pada sel saraf terdapat sinaps atau sinapsis. Sinaps adalah titik pertemuan satu neuron dengan neuron berikutnya. Fibril yang membentuk akson memiliki ujung yang tipis dan melebar yang disebut end feet yang dekat dengan dendrit atau badan sel neuron lain akan tetapi tidak bersentuhan. Fibril tersebut memungkinkan hantaran impuls saraf pada satu arah saja.
bagian bagian sel saraf
Gambar sel saraf. Sinapsis pada sel saraf
 

Macam Macam Sel Saraf

Sel Saraf Berdasarkan Fungsinya

Sel saraf berdasarkan fungsinya terdiri atas tiga macam yaitu sel saraf sensorik, sel saraf motorik dan sel saraf intermediet atau interneuron.

Macam macam sel saraf: saraf sensorik, saraf motorik dan interneuron
Macam macam sel saraf: saraf sensorik, saraf motorik dan interneuron

Sel saraf sensorik adalah tipe atau jenis sel saraf yang memiliki bentuk seperti gambar diatas yang memang pada umumnya terhubung dengan sel reseptor. Sel saraf sensorik sudah tentu merupakan bagian terpenting dari 5 indera yang dimiliki oleh manusia. Sel saraf sensorik merupakan tipe neuron unipolar (dijelaskan sebentar).

Sel saraf motorik adalah tipe atau jenis sel saraf yang memiliki bentuk seperti gambar diatas yang memang pada umumnya terhubung ke efektor seperti otot. Sel saraf motorik merupakan bagian dari sistem saraf yang mengakibatkan kita mampu bergerak berdasarkan perintah dari Otak ataupun bagian pengendali lainnya.

Sel saraf interneuron atau intermediet adalah jenis atau tipe sel saraf yang berfungsi sebagai penghubung antara sel saraf motorik dan sel saraf sensorik.

Sel saraf Berdasarkan Bentuk atau Strukturnya

Sel saraf berdasarkan bentuk atau strukturnya terdiri atas 4 jenis juga yaitu sel saraf unipolar, bipolar  multipolar dan sel saraf pirimydal.
Tipe tipe sel saraf berdasarkan bentuknya.
Gambar sel saraf. Tipe tipe sel saraf berdasarkan bentuknya.

Bentuk sel saraf yang dimaksud dapat anda lihat pada gambar sel saraf diatas. Sel saraf multipolar adalah sel saraf yang memiliki banyak cabang yang muncul dari badan sel.

Sel saraf unipolar merupakan sel saraf yang memiliki satu tonjolan dan kemudian bercabang dua satu menuju sistem saraf pusat (akson nya) dan yang lain menuju dan menghantarkan impuls dari organ ke sel.

Sel saraf bipolar adalah sel saraf yang memiliki dua tonjolan di setiap ujung sel dan salah satunya ialah dendrit yang membawa impuls ke sel  dan yang lain adalah akson yang membawa impuls dari sel.

tipe sel saraf
tipe sel saraf

Sekian penjelasan tentang sel saraf: Bagian bagian sel saraf, struktur dan tipe tipe sel saraf. Saya harap anda setelah anda mempelajari tentang materi sel saraf diatas anda mampu menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini:

1. Sebutkan bagian bagian sel saraf berdasarkan struktur sel saraf secara umum dan jelaskan fungsinya?

2. Sebutkan tipe tipe sel saraf berdasarkan bentuknya!

3. Ada berapa tipe sel saraf berdasarkan bentuknya?

4. Ada berapa macam tipe sel saraf berdasarkan fungsinya?

5. Sebutkan macam macam sel saraf berdasarkan bentuknya!

6. Sel saraf sensorik merupakan tipe saraf apa (berdasarkan bentuk)?

Saya harap anda dapat menjawab pertanyaan diatas. Untuk selanjutnya, tunggu postingan kami tentang neurotransmitter dan Potensial Aksi:Bagaimana Cara kerja Sel Saraf . Sekian dan terima kasih.

Keyword terms: Macam macam sel saraf; Bentuk bentuk sel saraf; Fungsi dan tipe tipe sel saraf; Sel saraf (neuron) sensorik; sel saraf motorik; sel saraf intermediet; sel saraf unipolar; sel saraf bipolar; sel saraf multipolar.
Sel Saraf :Bagian Bagian Sel Saraf, Struktur dan Tipe Sel Saraf | Ahmad Baihaqi | 4.5