Belajar Tentang Jaringan Lemak dan Sel Lemak

Loading...

Apa Itu Jaringan Lemak

Mari belajar tentang jaringan lemak. Jaringan ini memiliki nama lain yaitu jaringan adiposa.

Pengertian jaringan lemak adalah jaringan yang tersusun atas sel sel lemak. Sel sel lemak sendiri adalah sel yang berisi sebuah gumpalan lemak atau globul lemak sehingga inti dan sitoplasma terdorong ke tepi sel.

Nama lain untuk sel lemak ini adalah sel adiposit. Jaringan lemak manusia tersusun atas 87 %  lipid. Jaringan lemak adalah salah satu contoh dari jaringan ikat pada hewan.

Dimana Letak Jaringan Lemak

Anda dapat menemukan jaringan lemak tepat dibawah kulit tubuh anda, disekitar organ tubuh anda, pada jaringan tulang atau sumsum tulang, dan jaringan payudara. Jaringan lemak dapat pula anda temukan pada kelenjar.

Lemak yang terdapat dibawah kulit disebut lemak subkutaneus sedangkan lemak yang berada disekitar organ tubuh disebut lemak ektopik.

Belajar Tentang Jaringan Lemak dan Sel Lemak
Sel Lemak

 

Bagaimana Lemak Memasuki Sel Adiposit

Asam lemak bebas atau free fatty acid tersusun secara kimiawi atas asam karboksilat dengan rantai alifatik panjang. Asam lemak bebas tidak terikat dengan molekul lain selain hal tersebut. Asam lemak bebas yang dipisahkan dari lipoprotein oleh lipoprotein lipase akan masuk ke dalam sel adiposit. Setelah itu asam lemak bebas akan disusun menjadi trigliserida.

Pasti anda bertanya, lemak dapat masuk, apakah lemak dapat juga keluar? Trigliserida yang terbentuk dalam sel lemak atau adiposit dapat dikeluarkan apabila tubuh membutuhkan. Masuk dan keluarnya lemak pada sel adiposit dikendalikan oleh hormon Insulin dan leptin.

Asam lemak bebas akan meninggalkan adiposit apabila kadar insulin dalam darah rendah dan apabila insulin dalam darah tinggi, maka asam lemak bebas akan masuk ke dalam sel adiposit.

Belajar Tentang Jaringan Lemak dan Sel Lemak

Gambar masuknya lemak dan keluarnya lemak dari sel adiposit

Fungsi Jaringan Lemak

Jaringan lemak pada tubuh manusia memiliki fungsi utama sebagai penyimpanan lemak. Selain itu, beberapa fungsi jaringan lemak adalah:

  • Menyediakan insulasi dari panas ┬ádan dingin bagi tubuh

  • Melindungi organ organ tertentu

  • Pada kasus tertentu menjadi tempat terjadinya sintesis lemak

  • Menjadi salah satu penyedia informasi tubuh tentang rasa lapar dan kenyang untuk otak

Pada jaringan adiposa, terdapat beberapa sel khusus yaitu SVF atau stromal vascular fraction. Sel sel ini terdiri atas preadiposit, fibroblas, makrofag, dan sel sel endotelium. Oleh karena itu, jaringan adiposit juga memiliki fungsi dalam sistem imun.

Fungsi jaringan lemak dalam menyimpan lemak sebagai salah satu sumber energi tubuh. Lipolisis atau proses pembentukan lemak terjadi akibat terjadinya kelebihan asupan nutrisi seperti karbohidrat dan protein.

Kemudian kelebihan tersebut akan dibentuk menjadi lemak dan disimpan dalam sel sel adiposit.Dikenali terdapat dua jenis sel adiposit pada hewan yaitu sel adiposit putih dan sel adiposit coklat. Sel adiposit coklat banyak ditemukan pada hewan yang melakukan hibernasi di musim dingin.

Sekian materi tentang jaringan lemak dan sel lemak. Semangat belajar biologi kawan.

Belajar Tentang Jaringan Lemak dan Sel Lemak | Ahmad Baihaqi | 4.5