Belajar Fungsi Lisosom

Loading...

Organel Lisosom dan Fungsi Lisosom

Fungsi Lisosom | Belajar biologi, sebelumnya telah dijelaskan tentang apa itu lisosom, kali ini akan dijelaskan sedikit tentang fungsi lisosom. Adapun sebelum beranjak kesana, tidak salah sepertinya bila saya terangkan tentang penemuan lisosom.

Organel Lisosom untuk pertama kali diduga keberadaannya oleh data data biokimia oleh Christian de Duve. Hal ini karena melalui mikrosokop cahaya, lisosom tidak mampu kita bedakan dikarenakan sifatnya nya heterogen dalam bentuk dan ukurannya. Dalam data yang ada berukuran sekitar 0,25 um hingga 0.5 um. Keanekaragaman yang dimiliki oleh lisosom dikarenakan adanya fungsi yang beragam dan penting.

Kalian tahu tidak, ada lisosom tidak aktif. Lisosom dikatakan tidak aktif adalah lisosom primer dan lisosom yang tidak melaksanakan fagositosis. Lisosom tidak tentu jumlahnya dalam sel dan dibungkus oleh membran.

Isi lisosom tersusun atas enzim enzim hidrolitik seperti protease, glikosidase, lipase, fosfolipase, dan fosfatase. Apabila dalam lisosom tertentu pada pengamatan mikroskop elektron, akan terlihat gambaran gelap.

Sepertinya cukup begitu saja. Mari ke pembahasan utama yaitu fungsi lisosom:

Fungsi Lisosom

Lisosom berfungsi dalam:

Fungsi Lisosom #1

Lisosom berfungsi mencernakan zat zat yang belum dapat diuraikan oleh sel tersebut. Banyak sel sel fagosit seperti monosit, makrofaq mengandung banyak gelembung gelembung lisosom. Jangan anda kira lisosom yang langsung bertindak superhero sendirian dalam sel fagosit.

Dalam sel fagosit, saat benda asing tersebut masuk, akan terbentuk molekul fagosom yang merupakan benda asing yang terbungkus membran. Kemudian, lisosom yang akan bertemu dan berfusi dengan fagosom membentuk gelembung fagolisosom. Baru setelah itu, lisosom akan mencerna benda asing tersebut.

Fungsi Lisosom #2

Fungsi lisosom dalam menghancurkan bagian bagian sel atau organel yang rusak dan tidak berfungsi lagi.

Dalam organel lisosom terdapat enzim yang mampu menghancurkan dan merombak bahan bahan sehingga mampu digunakan untuk sel selanjutnya. Lisosom yang berperan dalam menghancurkan bagian bagian sel disebut sitolisosom.

Fungsi Lisosom #3

Fungsi lisosom dalam membunuh sel. Sel yang memang direncanakan agar mati atau apoptosis, maka lisosom yang akan berperan dalam menghancurkan sel nya sendiri.

Fungsi Lisosom #4

Fungsi lisosom dalam menyediakan nutrisi bagi sel lain. Berhubungan dengan fungsi lisosom yang ketiga diatas. Dengan kematian dan hancurnya sel tersebut, sel sel yang berada disekitar akan memperoleh hasil rombakan oleh enzim enzim lisosom yang terlepas.
belajar fungsi lisosom
Proses terbentuknya lisosom
 
Untuk artikel tambahan tentang lisosom silahkan baca Pengertian lisosom dan apa itu lisosom.
Sekian dan terima kasih telah mempelajari fungsi lisosom. Terus belajar biologi yah,
Belajar Fungsi Lisosom | Ahmad Baihaqi | 4.5