Persebaran Flora dan Fauna di Dunia

Belajar Persebaran Flora dan Fauna di Dunia

Persebaran flora dan fauna di permukaan bumi– Kali ini di Belajar biologi akan menjelaskan tentang persebaran flora dan fauna di dunia dan penyebab penyebaran yang terjadi. Flora dan fauna di suatu wilayah sangat terkait dengan kondisi lingkungannya.

Hal ini berarti bahwa keberadaan fenomena biosfer di suatu tempat pada dasarnya merupakan fungsi dari kondisi lingkungannya sekitarnya. Faktor faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna diantaranya adalah faktor klimatik (iklim), edafik (tanah), dan biotik (makhluk hidup). Berdasarkan kondisi iklim dan tanahnya, permukaan bumi sangat beragam. Oleh karena itu, beragam pula sebaran flora dan faunanya. Baca pengertian biosfer dan macam macam biosfer.

Persebaran Flora di Dunia

Faktor faktor yang dapat menyebabkan persebaran flora yaitu: iklim, tanah, air, topografi atau relief.

Secara garis besar komunitas flora dapat dibagi menjadi lima macam yaitu:

  1. Padang rumput dibagi menjadi dua, sabana dan stepa
  2. Tundra atau padang lumut adalah daerah beku dan tandus di daerah kutub utara, tumbuhan tidak dapat hidup, biasanya hanya berupa padang rumput.
  3. Gurun adalah padang luas yang tandus atau disebabkan oleh padang pasir. Wilayah persebaran di Afrika, Jazirah Arab, Asia selatan, Amerika bagina tengah dan barat.
  4. Hutan hujan tropis merupakan hutan yang terdapat di daerah tropis atau beriklim panas. Contoh vegetasi daerah hutan hujan tropis antara lain merani dan damar.
  5. Taiga merupakan daerah hutan pohon jarum jarum di Siberia, terdapat di antara daerah tundra di Utara dan Stepa di selatan
persebaran fauna dan flora di dunia

persebaran fauna dan flora di dunia

Persebaran fauna atau hewan di dunia

Fauna adalah keseluruhan kehidupan hewan di suatu habitat di daerah atau strata geologi tertentu.

Faktor faktor yang menyebabkan persebaran fauna di dunia adalah:

Perubahan habitat, tekanan populasi,

Secara garis besar, daerah persebaran fauna di dunia dapat dikelompokkan menjadi delapan wilayah persebaran yaitu

  1. Fauna Paleartik: Pengertian fauna paleartik adalah fauna tersebar di wilayah Asia timur, Afrika utara, eropa. Jenis faunanya yaitu: Beruang kutub (Ursus maritimus), panda (Ailuropoda melanoleuca), rusa kutub (Rangifer tarandus) , tikus, bison, landak.
  2. Fauna neartik: Pengertian fauna neartik adalah fauna yang tersebar pada wilayah Amerika Utara. Jenis faunanya yaitu: Antelop (Antilope cervicapra) , burung biru, kalkun, tupai.
  3. Fauna Oriental: Pengertian fauna oriental adalah fauna yang tersebar pada wilayah Asia Selatan dan Asia tenggara. Jenis fauna yang dimiliki adalah harimau sumatera, gajah, badak, orangutan (Pongo pygmaeus), tapir, dan banteng.
  4. Fauna Neotropik: Pengertian fauna neotropik adalah fauna yang tersebar pada wilayah meliputi Amerika selatan, Amerika tengah dan Meksiko. Jenis fauna yang berada dalam kelompok fauna neotropik seperti kukang, armadillo, buaya, kadal, dan kura kura.
  5. Fauna Ethiopia: Pengertian fauna ethiopia adalah fauna yang tersebar pada wilayah Afrika dan Madagaskar. Jenis fauna yang berada dalam kelompok fauna ethiopia adalah kuda nil (Hippopotamus amphibius), gorilla (Gorilla gorilla), badak, Jerapah, Simpanse, zebra, singa dan unta
  6. Fauna Australia: Pengertian fauna Australia adalah fauna yang tersebar pada wilayah Australia, Tasmania dan Papua. Jenis fauna pada kelompok fauna Australia: Kanguru, Kakaktua, Cenderawasih, koala, kuskus, kasuari.
  7. Fauna Selandia Baru: Pengertian fauna selandia baru adalah fauna yang tersebar pada wilayah Selandia baru seperti burung kiwi (Apteryx  sp.), sphenodon.
  8. Fauna Antartika: Pengertian fauna antartika adalah fauna yang tersebar pada wilayah Benua Antartika. Jenis fauna yang berada dalam wilayah ini seperti anjing laut antartik (Hydrurga leptonyx), penguin.
persebaran fauna dan flora di dunia

persebaran fauna di dunia

Sumber Artikel Persebaran Fauna dan Flora di Dunia

Buku Pintar Pelajaran: Drs. Joko Untoro dan Tim Guru Indonesia. diterbitkan oleh Wahyu Media dia Jakarta.

Geografi SMA Kelas XI oleh Yusma Hestiyanto (2007) diterbitkan oleh Yudistira di Jakarta

Geografi: Menyingkap fenomena Geosfer untuk Kelas XI diterbitkan oleh Grafindo Media Pratama (2007) oleh Ahmad Yani dan Mamat Ruhimat di Bandung.

Persebaran Flora dan Fauna di Dunia | fajeros | 4.5