Plastida dan Fungsi Plastida

Loading...

Plastida dan Fungsi Plastida

Apa itu Plastida dan fungsi plastida – Plastida ditemukan dalam sel tumbuhan dan sebagian alga. Plastida merupakan organel sel yang penting dalam kehidupan seperti fotosintesis dan penyimpanan makanan dalam sel. Mari tentang plastida, pengertian plastida  dan fungsi plastida sebagai organel sel di ARTIKEL BERMUTU.

Apa Itu Plastida

Apakah itu plastida? Kalian pernah bertanya tidak bagaimana tumbuhan makan, minum, bernafas dan melakukan pertumbuhan dan perkembangan. Tumbuhan melakukan semua hal tersebut dengan cara yang berbeda dengan hewan tentunya.

Salah satu organel yang terspesialisasi pada sel tumbuhan untuk melakukan fungsi tersebut adalah plastida. Plastida adalah organel sel yang bermembran ganda yang ditemukan pada sel tumbuhan dan beberapa alga yang utamanya bertanggung jawab terhadap aktivitas seperti pembuatan energi dan pembuatan makanan serta penyimpanan makanan.

Hampir semua plastida mampu melakukan fotosintesis, akan tetapi beberapa spesialisasi plastida tidak mampu berfotosintesis. Terdapat beberapa jenis plastida seperti: Kloroplas, kromoplas, gerontoplas dan leukoplas.

Tipe dan Fungsi Plastida

Terdapat beberapa tipe plastida yang telah ditemukan yaitu:

a. Plastida Kloroplas

Kloroplas yang merupakan plastida yang telah diketahui banyak orang. Plastida ini bertanggung jawab terhadap fotosintesis tumbuhan dan kebanyakan alga.

Kloroplas sendiri tersusun atas tilakoid yang merupakan tempat terjadinya fotosintesis karena mengandung klorofil.Kloroplas memiliki jumlah mulai dari lebih dari satu, beberapa pada alga dan berkisar 75-125 pada sel tumbuhan angiosperma. 

Membran luar yang merupakan turunan dari retikulum endoplasma tersusun atas 30 % protein dan 70 % lemak sementara membran dalam tersusun atas 0% protein dan 40 % lipid (lemak) seperti halnya pada bakteri. (0 % artinya ada tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit).

Dengan adanaya membran luar kloroplas, plastida ini mampu melewatkan molekul molekul berukuran kurang dari 10 kilodalton tanpa selektivitas. Sedangkan dibagian membran dalam terjadi seleksi apa yang dapat masuk dan keluar menggunakan transport aktif oleh karena itu membran dalam bersifat selektif permeabel.

Stroma merupakan cairan kloroplas yang berguna untuk menyimpan hasil fotosintesis dalam bentuk pati (amilum) yang mengandung banyak enzim metabolisme.

Dalam plastida khususnya kloroplas terdapat DNA atau materi genetik yang berbentuk sirkular dan tidak mempunyai histon. Dalam satu kloroplas terdapat 20-100 DNA sirkular. Selanjutnya, grana yang merupakan tumpukan tilakoid berjumlah sekitar 40-60 grana untuk setiap sel tumbuhan dan tiap grana mengandung 2-100 keping tilakoid bersusun.

Dalam plastida khususnya kloroplas mengandung banyak ribosom, oleh karena itu plastida mampu melakukan sintesis asam amino dan protein. Selain itu plastida juga mampu melakukan pembentukan RNA dan bersama sama dengan CH-DNA berperan dalam produksi pigmen pigmen dan kloroplas yang baru.

b. Plastida kromoplas

Kromoplas merupakan hasil perubahan kloroplas yang disebabkan adanya penyimpanan pigmen pigmen warna dalam kloroplas salah satunya adalah karotenoid. Hal inilah yang menyebabkan anda dapat melihat warna yang berbeda beda (bukan hanya hijau) dari daun daunan yang terjatuh dan buah buahan. Salah satu fungsi plastida ini adalah untuk menarik serangga serangga untuk membantu penyerbukan.

Menurut Camara B, Hugueney, dikatakan bahwa kromoplas dan bahkan plastida jenis lainnya merupakan turunan atau evolusi dari prokariot. Kromoplas dapat ditemukan pada buah buahan, bunga bungaan dan akar serta pada daun yang mengalami stress (tekanan) dan penuaan dan bertanggung jawab terhadap perbedaan warna pada tumbuhan. DNA yang ada dalam kloroplas dan kromoplas identik kecuali pada bagian terjadi peningkatan metilasi sitosin.

c. Plastida Gerontoplas

Gerontoplas merupakan plastida yang berasal dari kloroplas akan tetapi mengalami proses penuaan diakibatkan tidak terjadinya fotosintesis pada bagian tersebut. Hal ini disebabkan adanya gangguan pada daun tumbuhan atau lokasi kloroplas tersebut sehingga tidak mampu lagi melakukan fotosintesis (contohnya pada musim tertentu atau tertutupi dibagian permukaan daun).

4. Plastida Leukoplas

Leukoplas adalah plastida yang tidak berpigmen. Tidak seperti plastida lain yang tadi disebutkan, plastida yang satu ini tidak memiliki pigmen warna. Mereka ditemukan dalam bagian tumbuhan yang tidak melakukan fotosintesis seperti akar.

Tergantung pada jenis tumbuhannya dan apa yang dibutuhkannya, platida leukoplas memiliki fungsi utama dalam penyimpanan amilum, lemak (lipid) dan protein. Selain itu plastidak leukoplas juga berfungsi dalam sintesis asam amino dan asam lemak.

Kemudian, leukoplas sendiri terbagi atas tiga jenis plastida lagi yaitu amiloplas, proteinoplas dan elaioplas. Pembagian plastida leukoplas ini tentu saja sesuai dengan namanya berdasarkan apa yang disimpan didalamnya.

Amiloplas adalah plastida leukoplas yang terbesar dari leukoplas lainnya. Plastida jenis amiloplas ini bertanggung jawab terhadap penyimpanan amilum. Selanjutnya adalah proteinoplas yang merupakan plastida yang berperan dalam penyimpanan protein dan utamanya ditemukan dalam biji tumbuhan.

Terakhir, plastida elaioplas merupakan plastida yang berfungsi dalam menyimpan lemak dan minyak yang dibutuhkan oleh tumbuhan, utamanya terdapat dalam biji tumbuhan.

Jenis jenis plastida | Organel Plastida dan Fungsi Plastida

Jenis jenis plastida | Organel Plastida dan Fungsi Plastida

Ringkasan Plasti da dan fungsi plastida:

Plastida terbagi atas empat jenis atau tipe yaitu kloroplas, kromoplas, leukoplas, dan gerontoplas (etioplas). Leukoplas terbagi tiga: amiloplas, proteinoplas, dan elaioplas.

Fungsi plastida adalah sebagai berikut:

  1. Fotosintesis. Fungsi plastida ini dilakukan oleh kloroplas sebagai unit yang mengandung banyak pigmen klorofil untuk melakukan fotosintesis.
  2. Perubahan warna. Fungsi plastida ini sangat erat pengaruhnya dalam proses penyerbukan dan penyebaran biji pada tumbuhan. Dengan terjadinya perubahan warna, organisme seperti serangga akan berminat untuk melakukan penyerbukan. Oleh karena itu banyak juga ditemukan plastida jenis kromoplas pada bunga.
  3. Meningkatkan penyimpanan cadangan makanan. Fungsi plastida ini diperankan oleh kromoplas dan leukoplas. Perubahan kloroplas menjadi kromoplas mengakibatkan peningkatan kemampuan jaringan dan sel dalam menyerap bahan bahan yang larut dalam air seperti karbohidrat.
  4. Penyimpanan makanan. Fungsi plastida ini diperankan oleh kromoplas dalam jumlah sedikit dan leukoplas seperti amiloplas untuk penyimpanan amilum, elaioplas untuk lipid atau lemak dan proteinoplas untuk protein.
  5. Produksi asam amino dan protein. Fungsi plastida ini dilakukan oleh leukoplas.
  6. Tempat terjadinya reaksi terang yang penting dalam proses pembentukan makanan. Fungsi ini tentu saja terjadi utamanya di kloroplas.
NO Tipe dan Jenis Ciri Utama Contoh letak
1 Kloroplas Plastida yang mengandung klorofil sebagai pigmen utama fotosintesis (paling banyak) Terdapat pada daun yang masih hijau
2 Kromoplas Plastida yang mengandung klorofil dalam jumlah sedikit. Pigmen warna seperti karotenoid lebih banyak.  Terdapat pada daun yang telah menguning atau gugur serta pada buah-buahan masak atau matang dan bunga serta bagian tanaman lain yang berwarna selain hijau
3 Gerontoplas Plastida kloroplas yang mengalami degeneratif. Tidak lagi melakukan fotosintesis Berada pada daun yang tidak terkena matahari atau tertutupi dari matahari sehingga tidak melangsungkan fotosintesis
4 Leukoplas Plastida yang hanya menyimpan makanan ataupun nutrisi Terdapat banyak dalam buah buahan dan jaringan parenkim lainnya
5 Amiloplas Plastida leukoplas yang terpesialisasi menyimpan amilum atau pati Terdapat banyak dalam buah dan biji
6 Elaioplas Plastida leukoplas yang terpesialisasi dalam menyimpan lipid atau lemak Terdapat banyak dalam buah dan biji
7 Proteionoplas Plastida leukoplas yang terspesialisasi dalam menyimpan asam amino/protein dan memproduksinya Terdapat banyak dalam buah dan biji

Sumber artikel Plastida dan Fungsi Plastida serta macam macam plastida http://www2.mcdaniel.edu/Biology/botf99/cellstructure/plastids.html

http://study.com/academy/plans.html

http://www.botany.uwc.ac.za/sci_ed/grade10/cells/plastids.htm

Plastida dan Fungsi Plastida | Ahmad Baihaqi | 4.5