Pengertian pencemaran Lingkungan Hidup dan Macam Pencemaran

Loading...

Apa Itu Pencemaran? 

Kali ini di artikelbermutu.com, akan menjelaskan tentang pencemaran. Sekiranya pasti kalian sering dengar kata “Pencemaran” atau frase “Pencemaran Lingkungan” , “Pencemaran ekosistem”, “Pencemaran Laut, atau “Pencemaran air sungai” dan bahkan di berita kriminal mungkin kalian dapati “Pencemaran nama baik”. 

Pengertian Pencemaran Lingkungan Hidup

Pencemaran yang akan dipaparkan berikut sehubungan dengan lingkungan atau ekosistem sekitar. Apa itu pencemaran? Kita ada baiknya berangkat dari definisi atau pengertian pencemaran itu sendiri? Berdasarkan undang undang no.23 tahun 1997 pasal 1 angka 12 tentang Pengelolaan lingkungan Hidup (UUPLH) bahwa pengertian pencemaran adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Berdasarkan UU no. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pada pasal 1 tentang ketentuan Umum diterangkan bahwa pengertian pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan. Ditambahkan juga dalam pasal 1 tersebut penjelas tentang apa itu baku mutu lingkungan hidup. 

Pengertian atau yang dimaksud dengan baku mutu lingkungan hidup dalam pengertian pencemaran lingkungan hidup diatas adalah ukuran batas atau kadar makhluk hidup, zat, energi, atau komponen yang ada atau harus ada dan/atau unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya dalam suatu sumber daya tertentu sebagai unsur lingkungan hidup.

Dengan adanya pengertian pencemaran lingkungan hidup diatas, kita dapat menyimpulkan sesuai pasal 20 dalam UU No,32 Thn 2009 bahwa suatu daerah dikatakan tercemar atau tidak harus diukur melalui baku mutu lingkungan hidup. Dengan beginikan jadi enak, tidak asal ngomong kamu mencemari lingkungan tuh atau kamu membuat lingkungan ini tercemar. 

Dari segi ilmiahnya, kita dapat mendefinisikan pencemaran lingkungan yaitu apabila dalam lingkungan tersebut terdapat beberapa unsur yang apabila suatu zat, organisme ataupun unsur unsur yang lain seperti gas, cahaya ataupun energi mengalami pencampuran (terintroduksi) kedalam sumber daya tertentu; serta dapat menghalangi ataupun mengganggu fungsi atau peruntukan dari sumber daya tersebut.

Tidak mungkin kan, kita taruh kopi dalam air sekolam dan kemudian dikatakan air kolam tersebut tercemar, kita harus tahu dulu apakah kolam tersebut masih dalam baku mutu nya atau tidak, bila telah melewati maka dikatakan kolam tersebut tercemar, dan tercemar oleh apa.

Kemudian pasti muncul pertanyaan apa saja yang ditentukan menggunakan kriteria baku mutu lingkungan hidup sehingga sesuatu itu dapat dikatakan tercemar ataupun tidak? Diterangkan dalam UU. 32 Thn 2009 bahwa terdapat 6 baku mutu lingkungan hidup yaitu baku mutu air, baku mutu air limbah, baku mutu air laut, baku mutu udara ambien, baku mutu emisi, baku mutu gangguan ,dan baku mutu lain sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Poin terakhir tersebut menegaskan fungsi dan tugas mahasiswa dan peneliti Biologi untuk sadar bahwa sewaktu waktu dan dalam kondisi tertentu harus menentukan baku mutu tertentu untuk lingkungan tertentu.

pencemaran lingkungan hidup | Masih Mau mencemari lingkungan yang indah ini

pencemaran lingkungan hidup | Masih Mau mencemari lingkungan yang indah ini

 

Apa Saja Macam Macam Pencemaran Lingkungan Hidup?

Ini ada banyak nih jenisnya. Macam macam pencemaran lingkungan hidup dapat dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dilihat dari sisi mana. Dari segi lingkungan yang terjadinya pencemaran dapat dibagi menjadi

a. Pencemaran Tanah

b. Pencemaran Udara

c. Pencemaran Air

d. Pencemaran Suara

Mari kita bahas satu persatu.

a. Pencemaran Air

Pengertian pencemaran air adalah suatu perubahan baku mutu air dalam suatu badan air baik itu danau, sungai, lautan dan badan air lainnya. Hal tersebut dapat disebabkan oleh adanya aktivitas manusia atau pembuangan limbah manusia, atau juga dapat dikarenakan oleh aktivitas biologis atau peristiwa alami yang terjadi di alam, contohnya letusan gunung merapi yang mengenai sungai ataupun danau. 

Seperti yang sudah kita sadari dari dulu bahwa air merupakan unsur yang terpenting dalam kehidupan kita. Selain sebagai kebutuhan utama sel tubuh kita, juga saat ini teknologi telah menjadikannya sumber energi, irigasi dalam pertanian, dan bahkan air telah menjadi wahana pariwisata.

Gambar Proses Pencemaran air dalam lingkungan hidup

Gambar Proses Pencemaran air dalam lingkungan hidup

Sebab terjadinya pencemaran air? Terjadinya pencemaran air baik itu pencemaran air sungai, pencemaran pada danau maupun pencemaran laut dapat disebabkan oleh banyak kemungkinan. Dapat berupa murni kesengajaan seperti pembuangan limbah perusahaan atau pabrik, atau dapat tidak disengaja (dalam artian, dibutuhkan banyak kejadian untuk menyebabkan air tersebut tercemar) contohnya orang buang air besar di sungai atau danau, sehingga diulangi terus menerus akan menyebabkan kadar E.Coli jahat dalam danau atau sungai meningkat sehingga sering menyebabkan penyakit bila air tersebut dikonsumsi tanpa dimasak dengan baik.

Apa akibat pencemaran air? Banyak hal dapat terjadi bila dibiarkan terjadinya pencemaran air? Bila itu sungai yang difungsikan sebagai air minum maka akan fatal bila terdapat pencemar logam berat baik itu Cd dan lainnya yang melewati baku mutu. Kematian dapat terjadi. Hal yang paling sering kita alami, yaitu terjadinya peluapan air dijalan dan bahkan masuk kedalam rumah kalian dikarenakan jalur air, yaitu selokan tercemar dengan pencemar fisik atau sampah fisik yaitu plastik dan lainnya sehingga menghalangi  air tersebut keluar ke sungai ataupun laut.

Gambar Proses pencemaran air di lingkungan hidup

Gambar Proses pencemaran air di lingkungan hidup

b. Pencemaran Udara

Apa itu pencemaran udara? Pengertian pencemaran udara adalah masuknya substansi sehingga menganggu baku mutu udara dan membahayakan makhluk hidup yang ada. Istilah yang sering digunakan dalam terjadinya pencemaran udara adalah polusi udara. Seperti kita ketahui udara bersifat mudah menyebar, maka pencemaran atau polusi udara dapat berupa lokal, regional ataupun global. Contoh polusi udara akibat letusan gunung tambora yang merupakan pencemaran global.

Pencemar udara dapat dibagi menjadi dua yaitu pencemar primer dan pencemar sekunder. Pengertian pencemar primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung oleh sumber pencemar udara, contoh Karbon monoksida yang merupakan pencemar primer hasil pembakaran. Sedangkan pengertian pencemar sekunder adalah pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer. Contoh konkrit pencemar sekunder adalah asam sulfurik yang terbentuk dari reaksi antara sulfur dioksida, sulfur monoksida dan uap air. 

Pemanasan global, kerusakan ozon juga disebabkan oleh adanya pencemaran udara.

c. Pencemaran Tanah

Apa itu pencemaran tanah? Pengertian pencemaran tanah adalah masuknya zat zat tertentu yang menggangu nilai baku mutu tanah tersebut sehingga tidak lagi terfungsikan sebagai mana mestinya. 

Hal ini sangat sulit untuk tidak dikatakan tidak tercemar. Tanah merupakan area aktivitas manusia, sehingga untuk tercemar sangat mudah. Selain itu, tanah juga menjadi mediator antara tanah itu sendiri, air dan udara. Sehingga boleh dikatakan bahwa terjadinya pencemaran pada tanah dapat mengakibatkan pencemaran pada air dan juga pada udara.

Apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran pada tanah? Zat zat kimia berlebih dalam pertanian menjadi salah satu penyebab utama pencemaran pada tanah. 

Lalu apakah tanah akan selamanya tercemar? Tergantung apa pencemarnya, akan tetapi pada umumnya tanah akan selalu berusaha untuk remediasi dirinya sendiri, dengan kehadiran mikroorganisme tertentu yang mampu mengurai zat zat pencemar tanah (mungkin pengecualian bahan plastik). Walaupun, tanpa adanya bantuan manusia, proses remediasi tersebut akan sangat lama, bahkan hingga ribuan tahun. 

d. Pencemaran Suara

Loh ada toh pencemaran suara? Tentu saja ada. Pencemaran suara diartikan sebagai situasi munculnya suara yang tidak sesuai dengan baku mutu yang berlaku untuk wilayah tersebut.

Pencemaran suara tidak boleh dianggap remeh dikarenakan ekosistem dapat terganggu bila ini diremehkan. Untuk hewan hewan yang merupakan dipengaruhi oleh suara, suara yang melampaui baku mutu wilayah tersebut akan mengakibatkan mereka keluar dari wilayah tersebut.

Daerah pemukiman penduduk tidak mungkin dibangun bandara disitu dikarenakan akan menjadi pencemar suara ketika pesawat tersebut bekerja. Oleh karena itulah, bandara Pesawat di tempatkan pada lokasi terpisah agar tidak menjadi pencemar suara. 

Demikian dulu pemaparan tentang apa itu pencemaran khususnya pencemaran lingkungan hidup dan macam macam pencemaran. Untuk selanjutnya akan dijelaskan tentang

a. Pencemaran bunyi dan kriteria yang digunakan

b. Pencemaran dan toksikologi logam berat

 

Tetap belajar biologi yah….

Pengertian pencemaran Lingkungan Hidup dan Macam Pencemaran | Ahmad Baihaqi | 4.5