Sel Prokariotik

Loading...

Apa itu Sel Prokariotik?

(Biologi sel) Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti. Dengan kata lain, sel prokariotik memiliki materi inti yang tersebar dalam protoplasmanya. Sel prokariotik dalam klasifikasi 3 domain, ditempatkan pada domain Archaebacteria dan Bacteria. Contoh sel prokariotik adalah bakteri yang berada pada Domain bacteria serta ada juga cyanobacteria atau alga biru hijau (blue-green algae).

Sel Bakteri

Untuk menjelaskan lebih dekat tentang sel bakteri, mari kita lihat sel E.coli. E. coli merupakan organisme sel tunggal yang tergolong dalam sel prokariotik dengan panjang sekitar 2 mikron dan tebal 0,8 mikron. 

Sel ini dikelilingi oleh dinding sel yang kaku setebal 10 nm atau lebih dan mengandung molekul protein, polisakharida dan lipida. Di sebelah dalam dari dinding sel ini terdapat membran plasma yang merupakan susunan lipoprotein dan berfungsi sebagai pemisah dan sawar untuk medium sekitarnya. Membran plasma ini ikut berperan dalam membentuk suasana internal khusus untuk protoplasma sel bakteri dengan cara mengatur arus keluar masuk molekul molekul kecil dan ion. Sangat menarik bahwa enzim enzim yang terlibat dalam oksidasi metabolit sebagai bagian dari rangkaian pernapasan terkait dengan membran plasma tersebut. 

Pengamatan menggunakan Mikroskop elektron, dapat memperlihatkan “inti” sel pada bakteri. Inti sel bakteri ini dinamakan nukleoid yang mengandung kromosom yang terbentuk dari molekul DNA satu untai yang sirkuler. 

Molekul DNA sel bakkteri terdapat pada daerah yang melekat pada membran plasma sel bakteri. Molekul DNA ini mengandung informasi yang cukup untuk membentuk 2000-3000 jenis protein. pada sekitar molekul DNA sel bakteri ini terdapat ribosom yang berdiameter 10 – 15 nm. Terdapat sekitar 20.000- 30.000 partikel ribosom pada protoplasma sel bakteri. Ribosom, seperti yang sering dijelaskan, berfungsi dalam sintesis protein.

Cyanobacteria

Apa itu cyanobacteria? Cyanobacteria adalah bakteri yang memiliki kemampuan seperti tumbuhan. Apa itu? Mampu berfotosintesis. Sebelumnya saya menyebutkan bahwa alga biru hijau. Untuk seterusnya mulai saat anda baca ini jangan lagi pernah sebut itu. Hal ini salah dan mengaburkan pemahaman anda. Alga itu istilah dalam organisme eukariotik. Sebut saja makhluk ini sebagai cyanobacteria. 

Cyanobacteria atau Cyanobakteri merupakan makhluk hidup prokariotik yang hidup dengan cara berfotosintesis, berbeda dengan saudara satu domainnya yaitu bakteri yang hidup dengan cara kemotrophik  (baik itu kemoheterotroph maupun kemoautotroph serta litotrophik).

Boleh dikatakan bahwa bukan tumbuhan produsen utama dalam kehidupan, mereka lah.

Cyanobacteria memiliki cakupan area mampu hidup serta persebaran spesies yang tinggi serta cakupan habitat yang tinggi (walaupun jelas tidak akan mampu tahan dalam kondisi ekstrem seperti arkhaebakteria). Contohnya saja ada cyanobateria yang hidup bersimbiosis dengan akar tanaman ataupun membentuk lichen dengan bersimbiosis dengan jamur. 

Bentuknya juga beragam, mulai dari bentukan satu sel atau uniseluler hingga berbentuk filamen (filamentous / seperti benang) dan juga mampu membentuk koloni tunggal.  Koloni tersebut dapat membentuk bentuk seperti filamen, lembaran atau lapisan, dan bahkan dapat juga menyerupai donat.  

Cyanobakteria selain memiliki berbagai bentukan sel sendiri, juga memiliki beberapa tipe sel berdasarkan perilakunya atau aktivitasnya, yaitu sel vegetatif yang merupakan bentuk normal yang tumbuh dalam kondisi yang diinginkan organisme cyanobakteria tersebut.  

Bentukan lain sel Cyanobakteria adalah akinet. Akinet adalah spora yang tahan terhadap perubahan iklim lingkungan sehingga mampu bertahan dalam kondisi berat. Terakhir yaitu heterocyst atau heterosista yang mengandung enzim hidrogenase yang penting dalam fiksasi nitrogen. (Baca dan pelajari fiksasi nitrogen). 

Selain dua diatas dari domain bacteria, masih ada organisme prokariotik dari domain lain yaitu domain Arkhaebacteria. 

 

 

Sel Prokariotik | Ahmad Baihaqi | 4.5